5 Wasit Kontroversial Di Dunia

sport

Wasit yaitu figure yang mengontrol jalannya kompetisi sepak bola. Akan tetapi bagaimana jadi kompetisi apabila yang pimpin yaitu wasit frontal?

Di sejauh histori sepak bola kekinian, terdapat beberapa wasit yang tidak bisa jalankan pekerjaannya dengan bagus di dalam lapangan. Serta ini adalah 5 wasit frontal yang menghancurkan kompetisi dengan kepimpinan mereka yang jelek sekali.

Antonio Mateu Lahoz

Penetapan Antonio Mateu Lahoz selaku wasit kompetisi sah buat putaran kedua kompetisi perempat final Liga Champions di antara Manchester City menentang Liverpool di 2018 tentu membikin Pep Guardiola risau.

Seusai kepimpinan jelek Lahoz dalam kekalahan Manchester City pada tangan AS Monaco pada musim awal mulanya, Guardiola terang tak puas dengan wasit itu. Serta nyatanya eksekutif asal Catalan itu memang tidaklah salah.

Di kompetisi Manchester City menentang Liverpool, Lahoz berikan enam kartu kuning buat pelanggaran yang tak layak sama sekalipun. Ia setelah itu membikin Guardiola berang besar dengan cara tidak benar meniadakan gol Leroy Sane sebab menurut dia offside.

Guardiola pastinya gak pengin diam demikian saja. Dia menyerang ke lapangan buat tidak setuju putusan Lahoz. Akan tetapi, wasit asal Spanyol itu begitu yakin diri dengan ketentuannya yang jelek, serta lekas menyingkirkan Guardiola dari lapangan. The Citizens setelah itu kalah 2-1 serta terdepak dari Liga Champions.

Valentin Ivanov

Valentin Ivanov yaitu wasit frontal serta ‘gila’ yang dikenang sebab melaksanakan acara pesta kartu kuning serta merah di kompetisi yang dia memimpin. Piala Dunia FIFA 2006 yaitu pertandingan internasional besar paling akhir Ivanov, sebab dia sampai umur pensiun 45 tahun buat wasit FIFA di 4 Juli.

Dalam kompetisi Portugal serta Belanda, Ivanov keluarkan 16 kartu kuning serta empat kartu merah. Costinha serta Deco adalah pemain Portugal yang mendapat kartu merah. Dan dari faksi Belanda, Khalid Boulahrouz serta Giovanni van Bronckhorst yang ditendang dari lapangan.

Byron Moreno

Piala Dunia 2002 salah satunya pertandingan sepak bola internasional paling buruk di sejauh histori. Pertandingan itu banyak heboh, serta yang terburuk yaitu waktu kompetisi tuan-rumah Korea Selatan menentang Italia.

Moreno jadi wasit kompetisi sesi 16 besar itu di 18 Juni, serta dia sungguh-sungguh dapat berusaha trik buat menolong Korea memperoleh kemenangan. Dia berikan Korea Selatan penalti frontal di sesi pertama, yang ditolong oleh penjaga gawang Italia Gianluigi Buffon.

Dia setelah itu menggagalkan gol dari Damiano Tommasi sebab offside, walaupun terang pemain itu ada dalam status resmi. Moreno pun berikan kartu kuning ke-2  pada Francesco Totti sebab dikira melaksanakan diving di ruang penalti Korea Selatan di penambahan waktu, walaupun dari siaran ulangi terang pemain itu dilanggar. Byron Moreno patut buat dipandang sebagai pahlawan Korea Selatan di pertandingan itu.

Gamal Al-Ghandour

Gamal Al-Ghandour

Serta di perempat final, Korea Selatan lagi mendapatkan keuntungan dari kepimpinan wasit. Kesempatan ini wasit asal Mesir Gamal Al-Ghandour sebagai sutradara dari kompetisi itu. Dia menggagalkan 2 gol resmi Spanyol di kompetisi itu, serta meniadakan pelanggaran-pelanggaran keras yang telah dilakukan oleh pemain Korea Selatan. Selanjutnya Korea Selatan raih kemenangan dengan score 5-3 buat sampai semi-final.

Tom Henning Ovrebo

Ovrebo terang adalah wasit sebagai lawan langgeng pengagum Chelsea. Dia pimpin kompetisi putaran kedua semi-final Liga Champions di antara Chelsea serta Barcelona di 6 Mei 2009, yang selesai sama imbang 1-1.

Di kompetisi itu Ovrebo gak terhitung berapakah kali meniadakan pelanggaran yang telah dilakukan pemain Barcelona di kotak penalti. Serta seakan pengin membetulkan kekeliruannya serta tidak akan dikira berpihak Barcelona, dia menyingkirkan Eric Abidal yang serupa sekali tak melaksanakan pelanggaran kepada Nicolas Anelka. Seusai sejumlah kekeliruan besar, Ovrebo di serang secara verbal oleh sejumlah pemain Chelsea, tergolong Didier Drogba, José Bosingwa serta Michael Ballack.

Itulah sejumlah wasit yang kontroversial di dunia. Tugas wasit memanglah tidak mudah. Ia dituntut untuk membuat keputusan-keputusan sulit dengan cepat. Namun, mereka juga manusia yang barangkali tidak luput dari salah.