Tujuan Rekreasi di Sumba, Keelokan Alam Seperti Surga di Dunia

Wisata

Rekreasi di Sumba ya Indonesia sisi timur memang seperti surga di dunia, keelokan alam yang eksotik sanggup menghipnotis beberapa pelancong lokal sampai luar negeri. Berikut ada referensi 4 tujuan rekreasi di Sumba, pas sebagai arah berlibur Rekan Pelancong. Yok baca pembahasan berikut ini.

1. Pantai Ratenggaro

Pertama ada Pantai Ratenggaro yang mempunyai pasir putih dan kondisi pantai yang alami. Disamping itu pantai ini memiliki daya magnet tertentu yakni dekat sama Dusun Tradisi Ratenggaro. Ada rumah tradisi unik disebutkan Uma Kelada dengan keunikan menara tinggi membubung capai 15 mtr..

Di sini Rekan Pelancong dapat nikmati keelokan pantai dan belajar kebudayaan dan riwayat Dusun Ratenggaro. Ongkos masuk rekreasi gratis alias tidak diambil ongkos.

Pantai Ratenggaro berada di Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan dari Tambolaka sekitaran 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Jam operasional rekreasi membuka sepanjang 24 jam tiap hari.

baca : 4 Saran Fasilitas di Labuan Bajo NTT, Mulai Rp 500 Beberapa ribu Hingga sampai Rp 3 Juta-an

2. Danau Weekuri

Selanjutnya ada Danau Weekuri ini ialah sebuah laguna yang mempunyai warna elok jernih kebiruan. Danau berupa lonjong dengan panjang 150 mtr. ke dataran dan lebar 50 mtr., lalu kedalamannya bermacam. Disamping itu warna dan temperatur air berbeda, ada yang dingin dan condong hangat. Di sini Rekan Pelancong bisa berenang, naik perahu, nikmati sunset atau trackking ke arah bukit.

Sarana rekreasi ada tempat parkir, toilet umum, warung makanan dan minuman dan yang lain, dan harga ticket masuk Rp 50.000 per mobil. Danau Weekuri berada di Dusun Kalenarongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jam operasional rekreasi jam 08.00-17.00 WITA.

baca : 20 Tempat Liburan di Bogor yang Menarik

3. Waikelo Sawah

Selanjutnya ke arah Waikelo Sawah, suatu sumber mata air yang tidak pernah kering selama setahun. Di sini ada sebuah gua, sebagai sumber dari air ini berasal. Selainnya sebagai tempat wisata tempat ini jadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Panorama sekitaran kolam alami juga elok, dikitari sawah. Apa lagi saat musim penghujan sawah akan kelihatan hijau tetapi warna air jadi coklat, dan musim kemarau air kelihatan jernih kebiruan. Rekan Pelancong tak perlu keluarkan dana saat masuk kesini.

Waikelo Sawah berada di Dusun Topik Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jam operasional rekreasi membuka sepanjang 24 jam tiap hari.

baca juga : paket wisata pulau macan jakarta

4. Air Terjun Wai Marang

Seterusnya ada Air Terjun Wai Marang yang terletak pas antara beberapa tebing tinggi, dengan keelokan air warna biru. Air terjun ini mempunyai tiga jenjang dan lajur ke arah lokasi cukup melawan karena terjal dan licin tapi semua akan terbayarkan saat tiba di tujuan. Di sini Rekan Pelancong bisa berenang, bodi jumping, atau mendokumentasikan peristiwa dengan berpose.

Sarana rekreasi cukup kurang cuman ada tempat parkir dan warung minum dan makan. Harga ticket masuk gratis, untuk ongkos parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000

Air Terjun Wai Marang ada di Ngaru Kanoru, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Dari kota Waingapu habiskan waktu sekitaran 2 jam perjalanan. Jam operasional rekreasi jam 08.00-17.00 WITA, membuka tiap hari.

Begitu pembahasan referensi 4 tujuan rekreasi di Sumba Nusa Tenggara Timur. Dapat menjadi rekomendasi berlibur Rekan Pelancong seterusnya. Janganlah lupa selalu taati prosedur kesehatan.