Penggunaan flooring sintetis saat ini kian menjadi tren dan pilihan masyarakat modern. Menggunakan jenis tersebut akan memberikan kemudahan pasang sendiri serta perawatannya tidak ribet. Dalam merawatnya, lantai vinyl bisa dipel sehingga tetap bersih dan awet.

Tips Mudah Merawat Lantai Vinyl Bisa di Pel

Tips Mengepel Lantai Vinyl Supaya Tidak Mudah Rusak

Lantai vinyl menjadi pilihan banyak orang karena mudah dan praktis. Namun, jika tidak bisa merawatnya secara benar, maka dapat membuatnya cepat kotor bahkan rusak meskipun belum lama penggunaannya. Untuk itu, ketahui cara mengepelnya dengan tepat seperti berikut ini.

  1. Gunakan Cairan Khusus Pembersih Lantai Vinyl

Hal paling penting ketika mengepel lantai vinyl adalah menggunakan cairan pengepel khusus. Dengan demikian, jangan samakan dengan konsentrat pada saat pel jenis lantai lainnya, seperti keramik. Itu dapat membuat flooring tersebut cepat rusak.

Pel menggunakan cairan khusus vinyl tersebut dengan mencampurkannya bersama air. Kemudian gosok-gosok perlahan-lahan hingga noda atau kotoran bisa terangkat dan bersih. Hindari mengepel secara kuat-kuat atau kasar, karena bisa membuat permukaannya mengelupas.

  1. Jika Noda Membandel Gunakan MPC

Dalam membersihkan flooring sintetis ini, lantai vinyl bisa dipel memakai konsentrat pembersih khusus. Namun, apabila hal tersebut tidak mampu mengangkat noda membandel, maka Anda dapat menggunakan cairan bernama MPC. Ini sangat ampuh mengangkat kotoran super menempel.

Dalam mengepel vinyl lantai rumah sakit juga dapat menggunakan cairan MPC ini apabila noda sangat membandel, seperti bekas darah mengering. Selain itu, pastikan membersihkanya secara rutin supaya selalu bersih dan higienis.

  1. Jangan Langsung Menumpahkan Air Ke Lantai

Ketika Anda mengepel lantai vinyl, alangkah baiknya jika tidak langsung menumpahkan air ke lantainya seperti saat pel di keramik. Gunakan alat semprot atau kain yang lembut. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari kerusakan.

Apabila ada air terlalu banyak pada lantai vinyl dengan pemasangan menggunakan lem, maka dapat membuatnya mudah terkelupas. Untuk itu, gunakan saja semprotan atau kain lembut secara perlahan-lahan hingga melakukan pengeringan.

Demikian informasi tentang lantai vinyl bisa dipel dengan menggunakan sejumlah tips supaya tetap awet dan bagus. Semoga bermanfaat.

By doni