main image

Sudah beberapa tahun terakhir ini mie samyang menjadi tren yang hingga kini masih hits. Dimanapun, masih banyak yang membuat konten mengenai mie ini. Bahkan, seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mengkreasikan samyang yang merupakan mie asal Korea ini. Bahkan, terdapat juga kedai-kedai martabak di Jakarta yang punya menu martabak mie samyang. Tentunya, hal ini menjadi inovasi yang sangat menarik dan patut kita coba. Namun seperti yang kita tahu, mie yang satu ini identik dengan rasa pedasnya. Meskipun rasa samyang sendiri membuat ketagihan, tetapi beberapa di antara kita mungkin akan tetap merasakan kepedasan. Lantas, bagaimana cara untuk mengakalinya? Berikut ini ulasannya!

  1. Minum susu terlebih dahulu

Sebelum kita makan samyang, sebaiknya kita minum susu terlebih dahulu agar bisa meminimalisir rasa pedas. Susu yang kita gunakan bisa berupa susu putih maupun susu coklat. Bisa juga rasa susunya disesuaikan dengan selera kita masing-masing, yang penting minumlah susu. Pasalnya, susu mengandung zat yang bisa membuat kita terhindar dari adanya diare setelah mengkonsumsi makanan pedas. Makanya supaya kita tetap bisa menyantap samyang tanpa merasakan kepedasan yang menyiksa lidah, disarankan untuk meminum segelas susu. Apalagi, terdapat kandungan kasein serta kapsaisin yang ada di dalam susu sehingga bisa membantu kita untuk menetralkan lidah yang terbakar dari pedasnya samyang.

  1. Makan permen

Selain susu, kita juga bisa mengkonsumsi permen untuk menetralkan rasa pedas yang terasa di lidah. Usahakan untuk memilih permen yang manis sekali, misalnya seperti permen karet maupun lolipop. Kedua jenis permen ini akan mendistraksi rasa pedas di lidah kita begitu kita menikmati lolipop ataupun mengunyah permen karet.

  1. Mencoba coklat

Makanan lainnya yang juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi rasa pedas ketika mengkonsumsi samyang ialah coklat. Coklat termasuk makanan yang ampuh untuk menghilangkan rasa pedas yang ada di lidah kita, terutama jika kita mengkonsumsi dark chocolate. Dark chocolate memang memiliki rasa yang pahit, akan tetapi makanan ini justru berfungsi efektif untuk menetralkan lidah yang terbakar. Bahkan, proses penetralan ini terbilang cepat. Namun, nanti kita juga akan merasakan pahit.

  1. Menikmati es krim

Ingin mengonsumsi yang segar sambil mengurangi rasa pedas setelah makan samyang? Es krim lah jawabannya. Hal ini dikarenakan sensasi rasa dingin yang ada pada es krim bisa membuat lidah kita menjadi sedikit mati rasa. Dan ketika lidah kita mati rasa, maka di saat itu juga rasa pedas menjadi tidak terasa. Apabila ingin yang lebih ekstrim lagi, kita juga bisa mencoba untuk minum air es. Proses penetralisiran rasa pedas samyang melalui air es akan sama seperti proses penetralisiran rasa pedas melalui es krim.

  1. Berikan tambahan pada samyang

Apabila kita tidak ingin mengonsumsi makanan yang manis maupun dingin untuk menetralisir rasa pedas, kita juga bisa menambahkan menu pelengkap pada samyang yang kita buat. Hal ini akan membuat rasa pedas semakin berkurang. Sebagai contoh, kita menambahkan telur mata sapi serta kerupuk ketika menyantap samyang.

  1. Tidak terburu-buru saat makan

Hal paling penting yang perlu kita perhatikan ketika kita mengonsumsi samyang ialah tidak memakannya secara terburu-buru karena hal ini merupakan cara yang salah. Kita mungkin melihat berbagai konten mengenai challenge samyang yang makan mie dari Korea ini secara cepat, padahal sebenarnya hal tersebut salah karena lidah kita akan semakin merasakan pedas. Jadi, kita perlu memberikan jeda.

By sartika