Mengenal Permainan Monopoli

Tips trik

Permainan monopoli adalah suatu permainan yang hingga saat ini masih banyak digandrungi banyak kalangan. Hal tersebut dikarenakan permainan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi para pemainnya. Cara bermainnya pun sangat mudah untuk dilakukan. Permainan monopoli tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja. Bahkan, orang dewasa pun juga memainkan permainan monopoli ini.

Monopoli sendiri memiliki manfaat yang beragam. Dengan bermain monopoli, pemain akan dilatih untuk melatih anak untuk terbiasa mengatur sebuah keuangan, melatih anak untuk cepat tanggap, mengetahui dasar-dasar kepemilikan tanah, mematuhi aturan yang diberikan dalam dunia perbisnisan. Walaupun hanya sekadar permainan, bermain monopoli dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi para pemainnya.

Alat yang Perlu Dipersiapkan untuk Permainan Monopoli

Sedikit berbeda dengan beberapa permainan lainnya, permainan monopoli merupakan permainan yang sedikit lebih sulit untuk dimainkan. Karena, dalam memainkannya, dibutuhkan pengertian dan pemahaman yang cukup untuk menjalankan bidak agar dapat mengais keuntungan di dalam perjalanan permainan nanti.

Adapun beberapa hal yang dibutuhkan ketika  akan bermain monopoli adalah papan monopoli. Biasanya, papan tersebut akan memberikan banyak sekali gambar tempat disetiap pinggiran papannya. Sedangkan bahan papan monopoli sendiri sangat beragam, namun yang paling populer saat ini adalah menggunakan kertas biasa yang telah dicetak.

Hal selanjutnya adalah sebuah bidak untuk menjalankan pemain, dadu untuk menentukan berapa langkah yang akan diambil, dua kartu dengan warna merah dan hijau. Warna merah juga memiliki maknanya sendiri. Namanya monopoli, tentu saja harus ada uang mainan.

Aturan Bermain Permainan Monopoli

Pertama, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan siapa yang akan mengambil giliran terlebih dahulu. Bisa menggunakan suit untuk anggota berjumlah dua, “hompimpa” untuk anggota lebih dari dua. Atau juga bisa menggunakan dadu, siapa yang mendapatkan angka paling banyak dial ah yang bermain terlebih dahulu.

Jika sudah ditentukan pemain pertama, maka pemain tersebut akan mengocok dadu dan menjalankan bidak sesuai jumlah angka. Kemudian bergantian pemain kedua yang menjalankan. Setelah perputaran pertama, pemain yang mendapatkan negara boleh membeli negara tersebut dengan uang mainan. Setelah permainan selesai, siapa yang memiliki tanah paling banyak, dia yang memiliki tanah paling banyak.