Perhatikan Apa Saja Ketentuan Perizinan Menggunakan Genset

Penggunaan generator set atau sering disebut genset memang harus memiliki izin. Lantas bagaimana dengan harga genset perkins 100 kVA? Adakah ketentuannya? Sebab akan ada sanksi teguran hingga pembekuan operasional jika menggunakan genset tanpa memperoleh izin pemakaian.

Berbicara mengenai perizinan menggunakan genset, berikut akan diulas Undang-Undang (UU) yang mengatur pemakaian genset, yaitu:

UU Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan

Izin pemakaian genset yang sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 ialah berkaitan dengan:

1.    Kapasitas genset sampai 25 KVA harus membuat laporan usaha penyedia tenaga listrik untuk kepentingan sendiri.

2.    Kapasitas genset 25 sampai 200 KVA harus memperoleh surat keterangan terdaftar dari Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) dengan masa berlaku sampai generator set tersebut mengalami kerusakan.

3.    Kapasitas genset diatas 200 KVA harus memperoleh izin operasional dari Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) dengan masa berlaku 5 tahun.

Dari ketentuan UU Nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan tersebut, dapat diketahui jika genset yang wajib memiliki izin operasional ialah genset dengan kapasitas daya lebih dari 200 KVA. Sementara genset di bawah kapasitas 200 KVA tidak membutuhkan izin operasional, melainkan hanya harus terdaftar dan melapor kepemilikan pada Dinas ESDM.

Penggunaan Genset yang Diatur Oleh Undang-Undang

Pemakaian genset di atas 200 KVA memang harus memiliki izin dari dinas ESDM yang berupa Surat Laik Operasi (SLO) serta Izin Operasi (IO). Untuk genset berkapasitas 25-200 KVA hanya harus mendapatkan surat keterangan terdaftar sebagai pengganti izin operasional. Sementara genset dengan kapasitas di bawah 25 hanya harus membuat laporan.

Dengan adanya UU Nomor 23 Tahun 2014 yang berkaitan tentang pemerintahan daerah, izin operasional genset saat ini sudah bisa dikeluarkan oleh Dinas ESDM Provinsi. Nah, adanya perizinan kepemilikan genset bagi yang tidak melaporkan izin operasional akan terancam sanksi teguran hingga pembekuan operasional.

Penerapan regulasi terkait pemakaian genset sebenarnya bertujuan untuk menjaga keselamatan dan mencegah terjadinya kebakaran hingga kecelakaan karena tersengat listrik. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik menggunakan genset, pastikan lebih dulu memperoleh izin dari Dinas ESD.

Berbicara mengenai genset, kini ada banyak genset yang bisa digunakan sesuai kapasitas yang dibutuhkan, termasuk genset berkapasitas 100 kva. Untuk penggunaan genset 100 KVA, Anda hanya perlu memperoleh surat keterangan saja sebagai pengganti izin operasional.

Nah, jika Anda berminat membeli genset 100 KVA, kini Anda bisa mudah memperolehnya melalui Dealer Genset Perkins. Melalui dealer genset tersebut Anda bisa memperoleh salah satu merk genset terbaik yaitu genset Perkins.

Untuk informasi lebih jelasnya Anda juga bisa berkunjung langsung ke website resminya di https://www.dealergensetperkins.com/. Melalui website tersebut Anda tidak hanya bisa mengetahui harga genset perkins 100 KVA, namun juga informasi lainnya terkait pemakaian genset.