Mengulik Kekurangan dan Kelebihan Samsung S7 Edge

teknologi

main image

Samsung S7 Edge adalah produk smartphone yang memperbarui seri line up smartphone Samsung sebelumnya. Samsung S7 Edge ini hadir dengan desain menawan yang bahannya terbuat dari perpaduan kaca dan metal. Selain itu, smartphone ini sudah dilengkapi oleh sertifikat IP68, yang artinya smartphone ini tahan terhadap debu dan air. Dengan dimensi ukuran 142,4×69,6×7,9 mm dan bobot sebesar 152 gram, Samsung S7 Edge hadir dengan beragam fitur yang yang membuat penasaran.

Disamping banyaknya fitur yang menjadi kelebihan, setiap smartphone memiliki kekurangannya tersendiri. Agar lebih lengkap, berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S7 Edge.

Kelebihan Samsung S7 Edge

  • Layar Super AMOLED

Dengan layar selebar 5,5 inch, Samsung Galaxy S7 Edge ini hadir dilengkapi tipe layar Super Amoled yang beresolusi 1440×2560 pixel dan kerapatan 576 ppi. Layar smartphone ini sangat tajam, memiliki tingkat visibilitas sangat baik, dan juga terang. Tak hanya itu, layar Samsung S7 Edge sudah mendapat perlindungan layar dari Corning Gorilla Glass 4.

Terdapat dua tombol di bagian bawah layar smartphone ini, yaitu tombol kapasitif dan tombol fisik Home dengan sensor sidik jari.

  • Desain

Desain Samsung S7 Edge ini sangat terlihat kokoh dengan body yang dibalut oleh kombinasi metal kaca yang tampak premium. Terlihat bingkai logam di tepi perangkatnya, dan kaca di bagian belakang terlihat begitu kokoh. Tampilan body yang solid ini semakin membuat Samsung S7 Edge menarik

  • Prosesor

Prosesor yang digunakan Samsung S7 Edge ada dua macam, yaitu Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 dan Exynos 8890 Octa 2,3-1,5 GHz. Kedua prosesor tersebut sangat mumpuni digunakan untuk menjalankan semua aktivitas multitasking. Selain itu teknologi grafis yang digunakan smartphone ini adalah GPU Mali-T880 dan Adreno 530, yang merupakan teknologi kualitas terbaik untuk memproduksi tampilan grafis lebih sempurna.

  • Kapasitas Memori

Samsung S7 Edge adalah termasuk smartphone premium kelas menengah ke atas sehingga Samsung juga memberikan memori dengan kapasitas yang sangat mumpuni, yakni memori internal yang berkapasitas 32 dan 64 GB. Pengguna juga dapat memperluas kapasitas memori dengan memakai microSD sampai kapasitasnya mencapai 256 GB.

  • Konektivitas

Smartphone ini adalah smartphone dengan dual SIM yang sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Selain itu, dari aspek konektivitas sendiri, Samsung S7 Edge memiliki Wifi 802.11a/b/g/n/AC yang bisa dikatakan sudah lebih baik dan lebih cepat jika dibandingkan dengan Wifi 802.11b/g/n. Smartphone ini juga sudah dilengkapi oleh USB ON The GP dan USB Host.

Kekurangan Samsung S7 Edge

Setelah mengulas kelebihannya, berikut ini kekurangan yang dimiliki Samsung S7 Edge.

  • Belum Menggunakan USB Type C

Smartphone ini memiliki fitur yang mumpuni, namun ternyata belum menggunakan USB tipe C yang bisa digunakan untuk kegiatan mentransfer data dan lain-lain. Hal ini menjadi kelemahan mengingat smartphone kini banyak yang sudah memakai USB tipe C.

  • Memakan Banyak Memori

Software yang ada di smartphone ini sangat rakus terhadap memori karena banyaknya sistem baru yang terus mengupgrade Samsung S7 Edge ini. Sehingga hal ini menyebabkan kendala ketika akan menginstall software lainnya.

Namun hal ini diatasi oleh Samsung dengan menyiapkan opsi penyediaan kapasitas penyimpanan yang besar, yakni 64 GB. 

  • Harga yang Mahal

Jika dibandingkan dengan smartphone kompetitor lain di kelas yang sama, Samsung S7 ini terbilang dibanderol dengan harga mahal.