Sirih atau dengan nama latin Piper betle merupakan tanaman merambat yang diketahui asli Indonesia. Tanaman satu ini sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman herbal dan mempunyai khasiat dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Daun sirih sering kunyah oleh para tetua atau parang orang jaman dahulu sebagai salah satu cara merawat gigi. Namun kegiatan tersebut dipercaya memiliki dampak negatif yaitu menimbulkan kanker mulut.

Padahal, tidak ada bukti bahwa orang tua yang mengunyah nyirih akan terkena penyakit mematikan ini.

Manfaat Daun Sirih.

Jika kamu penasaran apa saja manfaat tanaman sirih? Simak dibawah ini selengkapnya.

1. Mencegah penyakit diabetes.

Daun sirih dapat mengurangi kadar glukosa keseluruhan dalam darah yang sangat bagus untuk penderita diabetes tipe 2.

Mengonsumsi daun sirih dapat membantu mencegah penumpukan radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh penderita diabetes.

Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Caranya, cukup oleskan ekstrak daun sirih di atas permukaan kulit yang terluka.

Daun sirih kemudian akan merangsang produksi kolagen untuk meregenerasi jaringan kulit.

2. Mengatasi masalah pencernaan.

Sirih diketahui dapat menjadi obat diare. Banyak mikroba dan abkteri yang bisa dilawan oleh kandungan sterol pada daun sirih.

Mikroba tersebut adalah E. coli yang sering menyebabkan diare. Beberapa bakteri lain yang dapat dibasmi dengan meminum air rebusan daun sirih, yakni Streptococcus pyrogen, Staphylococcus aureus, Proteus vulgaris, dan Pseudomonas aeruginosa.

3. Mengatasi mimisan.

Manfaat daun sirih yang berikutnya yaitu bisa mengatasi mimisan, mimisan merupakan perdarahan yang terjadi di hidung dapat di karenakan selaput hidung yang mengering kemudian terjadi gesekan saat mengupil sehingga pembuluh darah menjadi koyak atau pecah.

Walau terlihat mengerikan namun kamu tak perlu khawatir pasalanya mimisan bukan menandakan kondisi yang berbahaya dari tubuh.

Kamu bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi masalah tersebut, caranya ambil beberapa lembar daun sirih yang tidak terlalu tua kemudian cuci bersih, setelah itu remas dengan menggunakan tangan kamu hingga cairan daunya keluar lalu tempelkan ke lubang hidung (masukan) secara menyeluruh dan diamkan beberapa puluh menit.

Cairan yang keluar dari daun sirih mampu membantu mempercepat pengeringan luka sekaligus menghentikan pendarahan.

4. Mengobati luka.

Daun sirih bisa menjadi obat untuk menyembuhkan luka sekaligus mencegah infeksi pada kulit. Hal ini karena daun sirih memiliki sifat antibakteri, antifungi dan antimikroba.

Cukup haluskan daun sirih kemudian tempelkan pada area kulit yang terluka, maka luka kamu akan cepat kering dan sebuh dalam beberapa hari kedepan.

5. Meredakan jerawat dan masalah kulit

Daun sirih bisa menjadi obat yang baik untuk jerawat, flek hitam, serta berbagai masalah kulit lain.

Khasiat lainya berupa antimikroba dalam daun sirih dapat menjadi obat sariawan, alergi, gatal, dan bau badan.

Untuk mengatasi jerawat dengan daun sirih, cukup hancurkan beberapa lembar daun sirih kemudian tambahkan ekstraknya dengan sedikit kunyi, kemudian oleskan kebagian kulit yang bermasalah.

Nah itulah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan, kamu dapat mencobanya sebagai obat alternatif.

Perlu kamu ingat sebaik-baiknya menggunakan obat herbal dari tanaman, baiknya untuk tidak menggunakan secara berlebihan. Walaupun hal tersebut alami namun kemungkinan bisa menyebabkan efek samping. Sumber healty99

By laurel