Lemari pintu geser dan lemari pintu engsel keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun lemari pintu geser beberapa tahun terakhir banyak diminati masyarakat. Namun lemari pintu engsel juga masih memiliki banyak peminat.

Nah, buat Anda yang bingung ingin pilih menggunakan lemari pintu geser atau pintu engsel, Anda ketahui dulu kelebihan dan kekurangan keduanya dalam ulasan di bawah ini.

Lemari Pintu Geser

Lemari sliding doors ini menggunakan rel di bagian atas dan bawah sisi pintu. Karena itu, pintu lemari ini hanya bisa dibuka dengan cara menggesernya ke samping.

Keuntungan menggunakan lemari jenis ini yaitu bisa menghemat ruangan. Anda bisa meletakan furniture lainnya di samping lemari ini bila memang Anda memiliki ruangan yang tidak terlalu luas.
Hal tersebut tidak akan menghalangi Anda saat membuka pintu lemari. Namun, tetap berikan jarak antara lemari sliding doors dengan furniture lainnya, agar tidak menghalangi Anda atau orang untuk mengambil barang di dalam lemari.

Baca Juga: Sliding Mirror Closet Doors

Selain kelebihan diatas lemari ini juga punya kekurangan yaitu karena membukanya ke arah samping, maka pintu lemari jenis ini tidak bisa dibuka secara bersamaan.

Lemari Pintu Engsel

Lemari dengan pintu engsel ini merupakan lemari yang sangat umum digunakan masyarakat sejak zaman dulu. Bahkan, walaupun lemari sliding doors mulai banyak diminati, lemari pintu engsel tetap memiliki banyak peminat.

Lemari ini menggunakan engsel di bagian sisi pintunya, untuk membukanya Anda harus menariknya ke arah luar. Prinsip kerjanya, sama dengan prinsip kerja pada pintu rumah.

Tapi, bila dibandingkan dengan lemari sliding doors, lemari dengan pintu engsel ini membutuhkan tempat yang lebih luas. Bila Anda ingin meletakkan furniture lainnya di sisi depan lemari ini, maka Anda harus memperhitungkan jarak antara lemari dan furniture lainnya, supaya pintu lemari bisa dibuka dengan lebar dan baik tanpa adanya benda yang menghalangi.

Nah, setelah Anda tahu keuntungan dan kekurangan dari keduanya tentunya kini sudah dapat memutuskan mana yang akan Anda pilih. Jadi, lemari pintu geser atau lemari pintu engsel, pilih mana?

Sumber: sliding doors in home

By dzail