Cara Merawat Hamster Dengan Benar

Berita|Tips trik

Cara Merawat Hamster Dengan Benar.

Hamster adalah hewan yang berukuran sangat kecil yang sejenis hewan pengerat dan biasa dipelihara oleh 0rang-orang dan dirawatnya secara teratur, bagi yang biasa hobi memelihara hamster tentu sudah agak paham cara merawatnya, tapi bagi kamu yang masih pemula jika belum tahu cara merawat hamster dengan benar, simak pembahasan berikut:

1. Siapkan Kandangnya

Cara merawat hamster agar tidak mati tentunya harus dimulai dari tempat tinggalnya. Siapkan mangkuk makanan dan botol minuman untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Isi kandang hamster dengan snack kesukaan hamster dan beberapa mainan, seperti roda putar atau lorong-lorong, agar kandangnya terasa menyenangkan untuk si hamster. Hamster yang merasa bosan dapat menggerogoti segala hal di dalam kandangnya.

Hamster suka menggigit dan menggerogoti sesuatu, sehingga kamu sebaiknya memilih bahan kandang yang tahan gigit.Akuarium yang terbuat dari kaca adalah salah satu pilihan kandang yang aman untuk hamster dan mudah dibersihkan. Moms dan Dads dapat menutup bagian atas akuarium dengan jaring kawat atau lainnya, yang dapat memberikan ventilasi udara yang baik.

2. Kebutuhan Makan dan Minum

Cara merawat hamster agar tidak mati selanjutnya adalah memastikan kebutuhan dasarnya terpenuhi. Mangkuk makanan untuk hamster sebaiknya dari bahan yang cukup berat agar tidak mudah terbalik, juga dari bahan yang tahan terhadap gigitan hamster. Salah satu bahan yang ideal untuk mangkuk makanan hamster adalah logam seperti stainless steel. Letakkan mangkuk makanan tidak sama dengan tempatnya tidur.

Memberikan hamster makanan seperti pelet, memiliki kelebihan tersendiri. Pelet khusus hamster dapat memberikan nutrisi yang seimbang untuk hamster dibandingkan dengan memberinya makanan segar atau biji-bijian saja. Berikan hamster makan setiap hari dengan mengisi tiga perempat mangkuknya.Hamster juga boleh sesekali makan sayuran dari Moms dan Dads, misalnya wortel, labu, brokoli, kembang kol, timun, bayam, dan lain-lain. Berikan dalam bentuk potongan kecil-kecil yang dapat dimakan hamster dengan mudah. Hindari memberikan buah-buahan untuk hamster karena kandungan tinggi gula sulit untuk dicerna oleh perut hamster yang sensitif.

Untuk makanan segar seperti ini, perhatikan juga porsinya agar tidak berlebihan, karena hamster yang kenyang suka menyimpan makanan di persembunyiannya untuk dimakan kelak. Pastikan hamster juga dapat mengakses air minum bersih setiap saat. Biasanya pet shop akan menjual botol minum yang ideal untuk hewan pengerat seperti hamster.

3. Berikan tempat yang aman untuk persembunyian

Bersembunyi adalah cara alami hamster untuk melindungi dirinya sendiri. Sebab, dalam rantai makanan, hamster sejatinya adalah mangsa (prey animal). Sehingga, mereka membutuhkan tempat untuk bersembunyi saat gugup, takut, atau tidur.

Benda apa yang bisa digunakan untuk tempat persembunyian hamster? Kamu bisa memakai karton penggulung tisu, potongan kayu yang berlubang, atau batok kelapa. Kamu juga bisa menutupi sebagian area kandang dengan kain sebagai privasi mereka. Tempat persembunyian ini akan membuat mereka merasa aman.

4. Dimandikan Secara Teratur

Seperti halnya hewan peliharaan lainnya, hamster pun memiliki berbagai kebutuhan yang perlu kamu penuhi. Bentuk dan ukuran kandang yang tepat, kebersihan area kandang, pakan yang bernutrisi, hingga menjaga kebersihan tubuhnya. Tentu saja, kamu perlu memandikan hamster sebagai salah satu bentuk perawatan rutin yang wajib dilakukan supaya badannya tetap bersih dan sehat. Kamu bisa memadikannya dalam 2 hari sekali atau setiap hari, jika kamu ingin gunakan air hangat kamu bisa memanaskannya dengan Elterra Water Heater untuk memanaskan air.

5. Awasi Kesehatannya

Seperti makhluk hidup lainnya, cara merawat hamster agar tidak mati juga harus memperhatikan kesehatannya. Pada dasarnya hamster adalah salah satu jenis hewan yang tidak mudah sakit. Namun, ketika hamster sakit, tubuhnya yang kecil membuat dampaknya cukup mengkhawatirkan.

Tanda-tanda hamster yang sedang tidak sehat misalnya, hamster tidak aktif, tidak mau makan, diare, bulunya rontok, bersin bersin, atau matanya basah. Kemungkinan, hamster kesayangan sedang menderita infeksi. Jika ini terjadi, Moms dan Dads jangan ragu untuk membawa hamster ke klinik hewan terdekat untuk berkonsultasi.

6. Bersihkan dan Cuci Kandang Secara Teratur

Kandang yang bersih dan nyaman akan menghindarkan hamster dari stres. Namun, lakukan sewajarnya saja dan lakukan secara teratur karena terlalu banyak membersihkan kandang juga bisa bikin hamster stres.

Alangkah lebih baik jika kamu membersihkan area toilet setiap hari, mengganti alas sesuai kebutuhan (jika kotor/basah), membersihkan tempat makan setiap minggu, membersihkan botol airnya setiap minggu, dan membersihkan seluruh kandangnya setiap minggu. Setiap minggu atau dua minggu sekali, ambillah sabun dan air dan seka seluruh isi kandang,

7. Ganti Alas Kandang

Serutan kayu umumnya digunakan sebagai alas kandang hamster. Ini adalah salah satu cara merawat hamster agar tidak mati karena menyerupai habitat aslinya. Serutan kayu yang digunakan biasanya kayu yang tidak beraroma karena hidung hamster yang sangat sensitif. Kayu yang beraroma dapat mengiritasi system pernapasan hamster jika digunakan.

Selain dari serutan kayu, alas kandang juga bisa menggunakan sobekan kertas atau tisu sebagai alternatif yang ekonomis dan mudah dibersihkan. Bersihkan seluruh kandang dan ganti alas kandang dengan yang baru setidaknya seminggu sekali. Jika tercium bau urin dari kandangnya, kalian dapat mencari sudut yang dikencingi oleh hamster dan menggantinya dengan yang baru setiap saat. Karena hamster dapat buang air besar di dalam persembunyiannya, kalian dapat mengganti alas kandang di area tersebut lebih sering, atau 2-3 hari sekali.

Baca juga: Handal Water Heater