Cara Meningkatkan SEO Website Agar Tembus Page One di Google

SEO

Cara meningkatkan SEO websiteTampilnya artikel di halaman pertama Google merupakan keinginan setiap para pelaku bisnis online. Dengan berada di posisi puncak, maka produk yang dijual lebih dikenal masyarakat Indonesia sehingga kurva penjualan pun meningkat secara drastis nantinya.

Sementara itu  supaya situs berada pada posisi puncak, ada beberapa hal yang mesti kamu lakukan. Salah satunya adalah mengetahui secara benar tentang langkah apa saja untuk cara meningkatkan SEO website. Cara ini adalah alternatif terbaik jika Anda sedang tidak ingin menggunakan jasa SEO.

Cara Meningkatkan SEO Website WordPress

Sebagaimana kita ketahui, website itu dapat dibuat melalui platform blogspot maupun wordpress yang masing – masingnya punya tata cara tersendiri untuk mengembangkan situs lewat master seo. Berangkat dari fakta tersebut, maka akan kami ulas keduanya.

Namun untuk subjudul pertama kali ini, pembahasannya adalah mengenai cara meningkatkan SEO website wordpress. Maka dari pada itu, tanpa basa – basi lagi. Berikut ini daftarnya :

 Cara Meningkatkan SEO Website: Instal Yoast SEO terlebih dulu

Jika kamu ingin meningkatkan seo situs, hal pertama yang wajib dilakukan ialah menginstal plugin seo di platform wordpress.

Ada banyak plugin tentang pengembangan seo yang tersedia di wordpress. Dari semuanya, kami sarankan kamu menggunakan sekaligus menginstal yoast seo. Sebab mampu memberikan data analisis mengenai kualitas artikel. Sekiranya ada kesalahan kepenulisan, sistem otomatis memperbaikinya.

Cara Instal Yoast SEO

Kemudian berbicara tentang cara instalnya sendiri sangatlah mudah. Langsung saja, berikut ini tutorial singkatnya:

  1. Buka wordpress dan login
  2. Di Dashboard, ketikan YOAST SEO pada kolom bersimbol kaca pembesar.
  3. Dalam waktu beberapa menit kemudian, muncul informasi tentang plugin ini. Klik Instal Now.
  4. Tunggu beberapa saat, jika selesai. Klik Activate Plugin

Cara Meningkatkan SEO Website: Optimalkan Permalink

Pada umumnya, permalink telah diatur secara otomatis oleh wordpress. Tapi sewaktu kamu buat artikel berjudul panjang yakni di atas 10 karakter. Tentu saja hal tersebut tidak enak dipandang pengguna dan juga tidak seo-friendly.

Alhasil kamu harus mempersingkat sesegera mungkin demi efisiensi serta supaya mesin pencari mudah untuk mendatanya. Adapun tekniknya sendiri terbagi menjadi 2, antara lain lewat wordpress maupun blogspot.

Namun karena di sub judul sekarang, kita sedang membahas optimasi lewat wordpress, maka kita akan membahas perubahan permalink lewat platform tersebut. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut :

  1. Login ke wp admin lalu pilih menu
  2. Buka menu Permalink
  3. Di bagian menu Permalink, akan muncul 4 jenis format. Pilih Format Link bagian bawah.
  4. Tekan OK

Cara Meningkatkan SEO Website: Daftarkan Situs ke Google Search Console

Pada saat proses peringkasan permalink selesai. Supaya situsmu muncul di halaman pertama mesin pencari, sekaligus memberikan peringkatan kalau terjadi eror. Kamu harus mendaftarkannya melalui Google Search Console. Dengan cara :

  1. Membuka halaman Google Search Console dan membuat akun. Jangan lupa klik Add URL kemudian masukanlah alamat situsmu.
  2. Klik Add dan verifikasi akun melalui HTML Tag.
  3. Instal plugin Insert Header and Footer.
  4. Buka bagian Settings, tempelkan kode yang muncul pada bagian HTML Tag.
  5. Situspun telah terdaftar ke google.

Tingkatkan visibilitas situs melalui pengaturan di wordpress

Default, wordpress memiliki pengaturan yang justru membuat situsmu tidak terdeteksi di mesin pencari. Sebenarnya hal itu bermanfaat, akan tetapi tatkala situs mengalami perkembangan, artikel pun sudah relatif banyak. Kamu harus mematikannya.

Untuk mematikannya, buka Settings à Reading pada kolom Dashboard. Scroll ke bagian bawah sampai menemukan kolom Search Engine Visibility. Di bagian kotak kosong, matikan pengaturan tersebut.

Tambahkan Sitemap di Google

Cara meningkatkan SEO website wordpress selanjutnya ialah menambahkan sitemap situs ke mesin pencari. Sitemap ini sangat penting fungsinya karena untuk mempercepat Google dalam mencari dan mendeteksi situs, terutama saat ada seorang pengguna mengetikan kata kunci pada kolom pencarian.

Kemudian untuk menambahkannya sendiri, pertama – tama bukalah SEO à General àFeature. Scroll ke bawah dan aktifkan XML Sitemap. Masukan atau atur XML Sitemap sesuai keinginan kamu, terakhir tekan tombol OK.

Cara Meningkatkan Seo Website Blogger

Seperti yang telah kami janjikan sebelumnya, di sub judul kedua ini. Kita membahas mengenai cara meningkatkan SEO website via platform blogger.

Memang secara umum, caranya hampir sama dengan di atas. Hanya saja ada sedikit perbedaan keduanya. Daftarnya sendiri antara lain :

Gunakan domain TLD

Top Level Domain adalah dua sampai empat karakter terakhir dari nama domain kamu. Yang termasuk TLD sendiri ialah .org, .my.id, dan lain sebagainya.

Penggunaan domain TLD ini bagi para blogger sangat penting, sebab meningkatkan kredibilitas situs di mata mesin pencari. Tidak hanya itu, biasanya kalau kamu mencoba daftar ke situs monetisasi seperti Adsense. Kemungkinan diterima oleh sistem sangat besar ketimbang yang masih terdapat domain tambahan layaknya .blogspot.com dan .wordpress.com.

Sehingga jika kamu ingin situs tembus ke peringkat pertama, usahakan pakai domain top level. Untuk memperolehnya sendiri, dapat mengikuti perlombaan diselenggarakan oleh berbagai perusahaan penyedia hosting. Membeli dari pihak tertentu pun sangat baik.

Bikin Sub-Heading

Blogspot sangat suka terhadap artikel – artikel yang terdapat heading maupun sub-heading di dalamnya. Alhasil artikel pun lebih cepat masuk ke peringkat pertama.

Oleh karenanya, ketika kamu membuat artikel. Perhatikan juga tentang format heading maupun sub heading. Juga pastikan perbanyak kedua hal tersebut dalam artikelmu. Nantinya sistem menganggap bahwa artikel begitu informatif dan akhirnya bercokol di halaman pertama pencarian Google.

 Masukan Link Eksternal dan Internal

Sama halnya wordpress, kamu juga harus menempatkan link yang tertuju pada artikel situs eksternal maupun internal.

Perbedaannya ialah kalau di blogspot, kamu jangan menempatkan link secara langsung di badan artikel. Sistem menganggapnya sebagai spam nanti dan menurunkan kualitas. Sematkanlah link secara tidak langsung, yaitu melalui kalimat yang terdapat di materi artikelmu.

Perhatikan Label

Berbanding terbalik dengan wordpress yang mana artikel dapat dikategorikan berdasarkan topik secara otomatis. Untuk mengelompokan artikel, kamu harus menggunakan cara manual.

Adapun cara manual sebagaimana dimaksud di atas ialah memanfaatkan fitur labeling. Jadi maksudnya, buatlah label sendiri. Lalu coba kategorikan artikelmu berdasarkan pembahasan utama artikel.

Tambahkan Add Teks Gambar

Pada platform blogger, setiap gambar yang kamu unggah sebagai salah satu materi artikel wajib ditambahkan alt teks. Alasannya sendiri ialah hal tersebut menjadi cara optimasi website blogger lainnya.

Berbeda dengan platform wordpress, kamu tidak harus berlelah ria melakukan kegiatan ini. Mengingat mereka telah menyediakan plugin yang otomatis memberikan judul lengkap dengan tag pada setiap gambar artikel.

Begitulah materi tentang cara meningkatkan SEO website baik di blogspot maupun wordpress. Umumnya, memang keduanya hampir sama. Cuma karena blogger sendiri tidak menyediakan plugin membantu pengguna dalam meningkatkan seo, maka kamu harus melakukannya manual.