Cara Menikmati Kopi Hitam yang Pas

Di Indonesia, kopi hitam bukan lagi minuman biasa melainkan sudah menjadi gaya hidup sebagian orang. Saat ini terdapat banyak kedai kopi dan kafe yang menjual berbagai macam varian menu kopi termasuk kopi hitam autentik tanpa campuran apapun yang menawarkan rasa kopi yang autentik.

Melihat lonjakan pecinta kopi di seluruh Indonesia, bisnis kopi juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Mencicipi kopi dari berbagai penjuru wilayah merupakan salah satu cara untuk menikmati dan mengeksplorasi kopi yang nikmat. Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk menambah kenikmatan secangkir kopi hitam.

Menghirup Aroma Kopi Hitam

Minum kopi berbeda dengan minum jenis minuman lainnya. Kopi telah menarik hati banyak orang karena aromanya yang unik. Hirup aroma kopi sebelum minum kopi merupakan cara yang unik dan asik untuk menikmati secangkir kopi. Setiap kopi yang Anda minum akan mengeluarkan aroma yang berbeda. Beberapa kopi memiliki aroma yang kuat dan ada juga yang memiliki aroma yang lembut.

Nikmati Aliran Kopi Hitam di Tenggorokan

Selain aroma, setiap jenis kopi juga memiliki cita rasa yang unik, sehingga Anda akan lebih mengenal kopi yang Anda minum. Bahkan setiap kopi hitam juga memiliki rasa yang berbeda tergantung biji kopi yang digunakan dan proses pembuatannya. Minumlah sedikit demi sedikit untuk merasakan aliran kopi di tenggorokan.

Coba Nikmati Kopi Hitam Tanpa Gula

Gula sebenarnya bisa menutupi rasa kopi yang pahit bahkan bukan hanya gula namun juga penambahan bahan lainnya seperti susu, cokelat, karamel, dan lainnya. Namun cobalah untuk menikmati rasa kopi yang unik dan sejuk tanpa tambahan gula.

Dengan ini anda bisa merasakan rasa kopi yang murni dan asli tanpa campuran apapun bahkan juga lebih sehat. Cobalah nikmati dengan makanan manis lainnya seperti cookies, kue basah, nastar, dan lainnya.

Biarkan Kopi Hitam Hangat Terlebih Dahulu

Minum kopi yang terlalu panas tidak akan memberikan rasa yang enak. Kopi akan semakin nikmat saat suhu turun. Pakar kopi mengatakan bahwa suhu terbaik untuk membuat kopi semakin nikmat saat diminum adalah 60 derajat Celcius.

Selain itu, perlu juga Anda ketahui bahwa jika kopi hitam diseduh dengan suhu lebih dari 88 derajat Celcius, rasanya kurang enak. Menggunakan air panas saat menyeduh kopi akan membuat rasa kafein semakin kuat karena suhu tinggi akan cepat melelehkan kafein.

Coba Kopi Hitam Dingin

Saat udara sangat panas, tentunya tidak cocok jika minum kopi panas. Nikmati kopi dengan tambahan es untuk menghilangkan dahaga dan juga memberikan kesegaran. Anda dapat mencoba Nescafe Classic untuk merasakan kopi hitam autentik yang dibuat dari 100% biji kopi Robusta. Bahkan anda tidak harus menyeduh menggunakan air hangat sehingga bisa menyajikan kopi hitam dingin yang segar.