Bagus mana, beli rumah atau beli apartemen

Properti

Kadang kita bingung harus beli rumah atau apartemen. Karena banyak orang yang mengatakan beli rumah lebih worth it, tapi pada kesempatan lain mengatakan beli apartemen jauh lebih cocok untuk orang seperti anda.

Nah, agar anda tidak bingung dan akhirnya tida beli satupuan sehingga harganya keburu mahal, mungkin beberapa tips sederhana berikut ini bisa disimak

  1. Dilihat Dari Segi Lokasi

Rumah Petak:

Jika kita  lihat dari sisi lokasi, khusus untuk daerah kota besar memang sangat sulit menemukan lokasi rumah petak yang strategis apalagi yang nyaman.

Rata-rata rumah petak tersebut berada di pinggiran kota yang akhirnya membutuhkan transportasi yang lumayan jauh untuk bisa sampai ke tempat kerja.

Apartemen:

Umumnya apartemen dibangun pada lokasi yang sangat strategi. Bahkan kita bisa mengakses banyak fasilitas public dengan mudah.

Hanya saja, apartemen tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan dengan rumah petak. Jadi, kita harus mengetahui apa saja yang menjadi prioritas saat ingin membeli rumah atau apartemen.

  1. Dilihat dari Faktor Hak Milik

Rumah Petak:

Jika dilihat dari sisi hak milik, kepemilikan rumah petak jauh lebih total dibandingkan dengan apartemen. Pada rumah petak kita bisa memiliki bangunan dan sekaligus tanahnya.

Biasanya kita memiliki sertifikat hak milik, biasa kita kenal dengan SHM.

Bahkan kita bisa menjual rumah petak kembali dengan harga yang jauh lebih mahal tanpa melibatkan banyak pihak, karena SHM atas nama kita.

Apartemen:

Jika kita lihat dari status tanah tempat mendirikan apartemen, biasanya apartemen dikelompokan menjadi beberapa tipe kepemilikan, yaitu tanah negara, tanah hak milik dan tanah pengelolaan.

Dan menariknya, status ini mutla berada pada kewenganan pengembang. Biasanya saat kita membeli apartemen kita mendapatkan HGB yang hanya berlaku selama 20 tahunan saja.

  1. Dari Segi Biaya Pemeliharaan

Rumah Petak:

Sebenarnya biaya perawatan rumah petak jauh lebih murah, tergantung kebijakan RT setempat. Tapi, umumnya biaya yang kita keluarkan tidak lebih dari 200 ribu perbulan.

Bahkan lebih sering hanya membayar sekitar 50 ribuan saja perbulan.

Apartemen:

Jika anda membeli apartemen, maka akan banyak biaya-biaya turunan yang harus kita tanggung. Mulai dari keamanan, parker, perawatan, listrik dan lainnya.

Walaupun nantinya akan dibayar dengan tempat yang nyaman dan aman.

Satu hal yang perlu kami ingatkan saat anda membeli apartemen, pastikan anda mengantongo sertifikat laik fungsi. Karena biasanya ini diberikan oleh pengembang.

Jika anda belum tahu apa itu sertifikat SLF, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan konsultan SLF terdekat sehingga anda benar-benar paham kegunaan surat ini.