Apa Fungsi Program Software Akuntansi untuk Usaha Kecil?

teknologi

Apa Fungsi Program Software Akuntansi untuk Usaha Kecil?

Dampak usaha kecil di indonesia tidak kecil. Sementara itu UMKM memiliki kontribusi terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.

Salah satu alasan bisnis kecil gagal adalah karena kurangnya praktik akuntansi yang benar. Untuk bertahan dalam bisnis dan berhasil sebagai pemilik usaha kecil, Anda memerlukan fungsi yang ditemukan dalam program perangkat lunak akuntansi.

Akuntansi sangat penting dilakukan agar sistem keuangan tertata dengan rapih, dan software akuntansi kledo adalah pilihan tepat UMKM jika ingin merapihkan sistem keuangan.

Metode lama menggunakan buku besar manual untuk mendokumentasikan aktivitas keuangan bisnis rumit, tidak praktis dan lambat. Kecuali Anda telah dilatih dalam akuntansi, Anda tidak akan tahu bagaimana melakukannya. Program perangkat lunak akuntansi mengotomatisasi transaksi keuangan.

Dengan perangkat lunak yang disesuaikan dengan bisnis Anda, Anda dapat membuat banyak dokumen dari satu entri. Saat Anda membuat faktur, misalnya, mungkin juga membuat daftar pilihan untuk orang yang mengirimkan produk ke pelanggan. Itu juga dapat menambahkan perhitungan otomatis untuk pengiriman dan pajak.

Keamanan

Perangkat lunak akuntansi menambahkan lapisan keamanan ke data keuangan bisnis Anda. Anda dapat menetapkan pengguna dengan kata sandi mereka sendiri ke area akuntansi tertentu. Jika Anda memiliki satu orang yang menangani faktur, satu lagi yang memproses pengeluaran, dan satu lagi yang mengelola penggajian, setiap orang hanya dapat mengakses area yang ditugaskan kepadanya. Software akuntansi mengamankan data keuangan Anda dari orang-orang yang tidak seharusnya mengaksesnya.

Jejak Audit

Program perangkat lunak akuntansi yang baik menyediakan jalur audit internal. Ini memungkinkan satu orang untuk memeriksa transaksi yang dibuat oleh orang lain. Jejak audit juga memudahkan untuk mengoreksi transaksi dengan merinci setiap langkah transaksi. Beberapa perangkat lunak akuntansi menyediakan fungsi ini dengan kemampuan untuk menghidupkan atau mematikannya.

Laporan

Fungsi laporan dari perangkat lunak akuntansi dapat memberi Anda pandangan mata elang tentang bisnis Anda. Fungsi laporan sering kali dapat disesuaikan dalam perangkat lunak akuntansi; mereka dapat meringkas data atau mendetail, tergantung pada kebutuhan Anda. Laporan tentang data bisnis sangat penting ketika Anda perlu membuat keputusan penting. Laporan akuntansi memberi tahu Anda berapa banyak Anda mungkin harus membayar pajak atau utang Anda ke bisnis lain.

Analisis

Software akuntansi juga membantu Anda menganalisis posisi bisnis Anda. Dengan meninjau informasi yang diperoleh dari perangkat lunak akuntansi Anda, Anda dapat menganalisis profitabilitas produk, merencanakan pertumbuhan, menyiapkan anggaran tahunan, memahami biaya menjalankan bisnis Anda, dan membuat penyesuaian pada rencana bisnis Anda sesuai kebutuhan.

Dari beberapa fungsi yang sangat besar itu maka software akuntansi memang sangat dibutuhkan bagi UMKM untuk menjalankan bisnisnya.