6 tips meningkatkan kemampuan membaca anak

Parenting

Belajar membaca selalu menjadi salah satu bagian yang paling menantang dalam membantu anak-anak kita. Pandemi ini hanya membuat lebih sulit melalui instruksi yang hilang dan pembelajaran 0nline. Namun, semua harapan tidak hilang. Dengan mengikuti tips di bawah ini, Anda dapat membuat anak Anda kembali ke jalur membaca.

 

1. Tetap di atas nilai

Sebagai tutor, saya selalu terkejut mendengar bahwa sekolah tidak menunjukkan kepada orang tua cara mencari nilai anak mereka secara 0nline. Dengan memeriksa nilai anak Anda setiap minggu, Anda dapat memperhatikan tugas yang hilang dan nilai yang rendah. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi apa yang mereka perjuangkan dan membuat rencana. Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk duduk bersama anak Anda dan menetapkan tujuan untuk meningkatkan nilai ini pada akhir semester. Jika Anda adalah orang tua di sekolah umum di Carolina Utara, Anda dapat menggunakan tautan ini untuk membuat akun guna meninjau nilai anak Anda sesering yang diperlukan Orang tua juga dapat menggunakan lembar ini untuk membantu mengatur tujuan dengan anak-anak Anda tentang nilai membaca mereka:

 

2. Baca bersama setiap malam

Satu pertanyaan yang sering saya dengar adalah, “Bagaimana saya membuat anak saya suka membaca?” Anehnya, jawabannya mungkin terdengar sangat sederhana. Dengan membaca bersama setiap malam dan memberi anak Anda pilihan apa yang mereka baca, mereka dapat menjadi lebih terlibat dengan bacaan mereka. Dorongan terhadap teks yang diratakan telah menyebabkan anak-anak membenci membaca karena mereka melihatnya sebagai sesuatu yang membosankan dan satu dimensi. Jangan salah paham, teks yang diratakan memiliki tempat dan tujuannya. Namun, buku-buku ini hanya berfungsi untuk meningkatkan perkembangan suara dan kefasihan anak Anda sementara mereka mungkin tidak menarik minat anak Anda. Pergi ke perpustakaan bersama keluarga dan memilih buku bisa menyenangkan. Jika anak Anda memilih buku yang menurut Anda terlalu menantang untuk dibaca sendiri , gunakan itu sebagai buku yang bisa Anda baca bersama. Jika anak Anda kesulitan untuk duduk dan membaca selama waktu yang direkomendasikan, mulailah dengan hanya beberapa menit per sesi dan tingkatkan waktu itu setiap minggu. Berikut adalah daftar buku bagus yang dibagi berdasarkan tingkat kelas yang mungkin disukai anak Anda

 

3. Buka Komunikasi

Tip hebat lainnya adalah memiliki komunikasi yang konsisten dan terbuka dengan guru ke rumah anak Anda. Mengirim pesan mingguan untuk tetap mendapatkan informasi terbaru dapat memberi Anda kiat-kiat hebat yang dimiliki guru tentang apa yang harus dikerjakan di rumah. Ini juga memberikan informasi untuk tutor anak Anda jika Anda menyewanya. Berikut ini adalah freebie yang memberi Anda pertanyaan bagus untuk ditanyakan kepada guru mereka ketika anak Anda kesulitan membaca.

 

 

4. Instruksi Phonics

Terkadang, alasan anak Anda kesulitan membaca adalah karena mereka memiliki celah dalam instruksi phonics mereka. Ini bisa disebabkan oleh pandemi baru-baru ini atau perubahan lain yang mungkin terjadi selama mereka di sekolah dasar. Dengan berfokus pada pengajaran phonics yang sesuai dengan usia selama 15-30 menit sehari, anak Anda dapat belajar membaca dengan mudah. Seorang tutor yang juga merupakan guru bersertifikat dapat membantu memastikan bahwa instruksi tersebut sesuai dengan apa yang akan mereka pelajari di sekolah. Kunjungi situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan bimbingan belajar kami di sini:

5. Pemahaman

Mungkin keterampilan dan kefasihan phonics anak Anda berada di atas atau di atas tingkat kelas tetapi nilai membaca mereka masih rendah. Jika anak Anda dapat membaca kata-kata di halaman dengan baik tetapi masih memiliki nilai membaca yang rendah, ini bisa jadi karena pemahamannya. Pemahaman adalah keterampilan itu sendiri dan harus dimodelkan dan diajarkan. Keterampilan ini menitikberatkan pada kemampuan memahami dan menjawab pertanyaan dengan jelas dan ringkas. Ada pertanyaan bagus yang harus ditanyakan saat anak Anda membaca dan dijawab dengan bukti dari teks. Gunakan daftar pertanyaan yang sesuai dengan usia ini untuk ditanyakan kepada anak Anda saat membaca di rumah.

 

6. Afirmasi positif

Tips ini adalah yang terakhir namun tidak kalah pentingnya. Ketika nilai rendah mulai masuk, mudah bagi anak Anda untuk kehilangan motivasi. Hal ini dapat menyebabkan masalah perilaku, menjadi apatis atau nilai yang lebih rendah. Dengan berbagi afirmasi positif dengan anak Anda, Anda dapat menginspirasi mereka untuk terus berusaha dan memiliki mindset berkembang. Untuk mendapatkan lebih banyak tips tentang cara meningkatkan motivasi anak Anda, bergabunglah dengan email kami untuk mengetahui kapan kursus Motivasi dan Mindset kami akan dirilis

 

Belajar membaca bisa dengan ikut les calistung terdekat memang tidak mudah, apalagi di masa pandemi. Ingatlah untuk bersabar dengan diri Anda dan anak Anda. Setiap hari bisa menjadi awal yang baru jika Anda mengizinkannya. Setelah Anda menerapkan langkah-langkah ini, itu akan memakan waktu tetapi anak Anda akan segera membaca