4 Vitamin untuk Orang Tua yang Tidak Boleh Dilewatkan

Vitamin dan mineral adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, baik itu anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Dari rentang usia tersebut, orang tua lah yang paling membutuhkan vitamin tersebut. Vitamin untuk orang tua tidak hanya berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari saja, namun juga menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Perlukah Orang Tua Mengonsumsi Suplemen Vitamin?

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin, yakni dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan melalui makanan seperti buah dan sayur. Cara yang pertama memang tidak terlalu direkomendasikan karena selain harganya yang tidak murah, sebenarnya suplemen vitamin juga kurang baik untuk kesehatan ginjal orang tua.

Jadi, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dalam beberapa kasus mengonsumsi suplemen juga cukup berguna, terutama jika orang tua tidak bisa mencukupi kebutuhan vitamin sehari-hari dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Lima Vitamin dan Mineral yang Diperlukan Orang Tua

  1. Zat Besi

Zat besi memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh orang tua, salah satunya adalah dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan membantu sel darah merah untuk membawa oksigen menuju seluruh tubuh. Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber zat besi antara lain daging merah, kacang-kacangan, telur, olahan dari gandum, sayuran hijau, serta buah-buahan.

  1. Vitamin D

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa vitamin D harus benar-benar tercukupi bagi orang tua. Vitamin ini sangat mudah ditemui jika seseorang tinggal di wilayah tropis karena banyak mendapatkan sinar matahari. Orang tua cukup berjemur di bawah sinar matahari pagi selama kurang lebih 10 hingga 15 menit untuk mendapatkan vitamin ini. Selain itu, mengonsumsi makanan seperti ikan, telur, margarin, atau yoghurt juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D harian.

  1. Vitamin B

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan semakin kesulitan untuk menyerap vitamin B, terutama B12 yang ditemukan pada beberapa makanan seperti ikan salmon, daging, telur, dan keju. Vitamin B memiliki banyak fungsi yang cukup penting seperti menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan sistem sarat, dan membantu memecah energi pada makanan.

  1. Vitamin C

Terakhir adalah vitamin C. Vitamin ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak. Untuk menemukan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C tidaklah sulit karena sudah banyak produk yang memperhatikan kandungan vitamin ini. Akan tetapi, orang tua tidak disarankan untuk menjadikan minuman di pasaran sebagai sumber vitamin C. Jauh lebih baik jika vitamin tersebut diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk, mangga, tomat, paprika, dan sebagainya.

Ketika semua vitamin dan mineral tersebut sudah terpenuhi sehari-hari, maka dampak terhadap kesehatan akan sangat terasa. Beberapa kasus orang tua yang mengalami banyak masalah kesehatan di usia senja memang berakar dari kurangnya asupan vitamin dan mineral ini.