Bagi yang belum memiliki tempat tinggal permanen sendiri ataupun tengah dalam perantauan di kota, menempati rumah kontrakan bisa jadi pilihan.

Namun, tentu harus ada beberapa hal yang dijadikan pertimbangan tersendiri saat memilih rumah kontrakan.

Pasalnya, salah menentukan rumah kontrakan bisa membuat kita menyesal selama masa kontrakan berjalan.

Banyak rumah kontrakan yang tak bisa memberikan kenyamanan saat ditempati, baik karena harga yang terlalu tinggi hingga fasilitas yang dirasa kurang memadai.

Untuk itulah, kita harus memperhatikan ragam tips di bawah agar bisa mendapat rumah kontrakan terbaik dengan harga sepadan.

 

1. Harga Terjangkau

Inilah pertimbangan pertama serta utama dalam mencari rumah kontrakan.

Pilih rumah kontrakan dengan harga sewa yang cukup terjangkau dengan ketersediaan dana.

Harga biasanya akan turut disesuaikan dengan aneka fasilitas yang didapat. Jangan mengharapkan fasilitas lengkap super mewah apabila biaya sewanya rendah.

Bandingkan dengan tempat kontrakan lainnya yang memasang harga sama agar kita bisa menilai apakah fasilitas yang tersedia sepadan dengan harganya.

Sebagai contoh adalah bagus atau tidaknya rumah tersebut, tempat tidur yang layak, WC yang bersih hingga lokasi yang strategis.

Kita juga bisa membandingkan dua rumah yang fasilitasnya sama lalu cari yang harganya lebih murah.

 

2. Dekat Dengan Aktivitas Rutin

Pilih juga rumah kontrakan dengan lokasi yang dekat aktivitas sehari-hari.

Misalnya, rumah kontrakan yang dekat dengan kantor, kampus ataupun sekolah anak yang sehari-harinya pasti dikunjungi.

Lokasi yang dekat aktivitas rutin serta mudah dijangkau kendaraan umum ini akan memudahkan kita saat pulang pergi dari dan ke aktivitas rutin serta bisa menghemat biaya transportasi yang harus dikeluarkan.

Hal ini juga pastinya akan dapat memudahkan aktivitas harian sehingga kita tak membuang banyak waktu di jalan.

Jangan pilih rumah kontrakan yang letaknya terpencil serta susah dijangkau karena akan menghalangi aktivitas sehari-hari.

 

3. Berdekatan Dengan Tempat Ibadah

Carilah rumah kontrakan yang berdekatan tempat ibadah.

Apalagi jika kita adalah penganut agama Islam, maka hal ini harus jadi prioritas mengingat ibadah sholat wajib harus dilakukan lima kali dalam sehari.

Yang dimaksud dekat di sini adalah tempat ibadah tersebut dapat dijangkau dengan berjalan kaki saja.

Dekatnya tempat ibadah tentu akan membuat kebutuhan rohani dapat terpenuhi secara mudah dan kita juga dapat mengingat waktu ibadah dengan gampang.

Kita juga akan merasa terpanggil dalam menjawab tiap panggilan Tuhan.

Hindari rumah kontrakan yang wilayahnya terpencil serta jauh dari tempat ibadah, di mana kita harus menggunakan kendaraan bermotor untuk menjangkaunya.

Hal ini bisa sangat menyulitkan saat kita harus melaksanakan ibadah lima waktu.

 

4. Lingkungan yang Bersih

Kebersihan lingkungan juga harus turut diperhatikan. Ini sangat penting karena kebersihan lingkungan akan turut mempengaruhi kebersihan tubuh.

Termasuk dalam lingkungan yang bersih adalah jauh dari selokan berbau menyengat, jauh dari TPA atau Tempat Pembuangan Akhir, jauh dari pembuangan sampah sisa pabrik serta jauh dari polusi pabrik yang beresiko meracuni tubuh.

Mencari rumah kontrakan yang lingkungannya bersih sangatlah penting. Jika tempat tinggal kotor, maka akibatnya adalah kesehatan yang terganggu hingga produktivitas kerja yang turut menurun.

Kita juga bisa dengan mudah terserang penyakit akibat kuman, bakteri hingga serangga. Oleh karena itu, penting untuk memilih rumah kontrakan yang lingkungannya bersih.

 

5. Daerahnya Aman

Selain kebersihan, keamanan juga adalah faktor penting dalam pemilihan rumah kontrakan. Pilih lingkungan yang aman dari tindak kemalingan, kerusuhan dan aneka hal membahayakan lainnya.

Percuma apabila rumah kontrakan sudah bagus, bersih dan strategis apabila lingkungannya rawan pencurian ataupun kerusuhan.

Kenyamanan serta keamanan harus benar-benar diperhatikan di sekitar tempat tinggal karena dapat turut mempengaruhi kesehatan serta produktivitas kerja.

Misalnya, jika kita tinggal di daerah yang rawan pencurian serta menjadi korbannya, maka sudah pasti kita akan kehilangan harta benda serta bisa saja menyebabkan stres sehingga mempengaruhi kinerja sehari-hari.

 

6. Fasilitas Memadai

Terakhir, pilih juga rumah kontrakan dengan fasiltias lengkap serta memadai. Tak perlu mewah, namun cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Termasuk di antaranya adalah ketersediaan air bersih, pasokan listrik yang memadai serta tak sering terjadi pemadaman, WC yang bersih hingga sirkulasi udara lancar.

Banyak kontrakan yang menawarkan harga murah serta cukup bagus, namun ternyata airnya sulit didapat tiap hari.

Jika demikian, maka untuk apa harga sewa murah?

Kita pasti takkan merasa nyaman gara-gara air bersih yang susah didapat.

Pastikan fasilitas yang terkait kebutuhan mendasar seperti air, listrik serta sanitasi tersedia dan cukup memadai.

Akan lebih baik lagi apabila fasilitas yang lengkap disertai harga yang sepadan.

 

Itulah aneka tips dalam memilih rumah kontrakan. Yang perlu digarisbawahi adalah harga pasti akan menentukan kualitas.

Rumah kontrakan mewah sudah pasti dilengkapi aneka alat pemenuhan kebutuhan yang lebih lengkap dibanding rumah kontrakan murah.

Namun, belum tentu rumah kontrakan murah memiliki kualitas yang jelek atau bahkan tak memadai.

Lakukan survey sebelum memilih hendak tinggal di satu rumah kontrakan tertentu agar kita mendapat rumah kontrakan terbaik sesuai ketersediaan budget.

Ambillah waktu untuk melakukan survey ini dan tanyakan selengkap-lengkapnya informasi seputar rumah kontrakan dan lingkungan di sekitarnya bisa melalui situs jual beli rumah seperti rumah.com atau bisa ditanyakan langsung pada pemilik.

Dengan demikian, kita akan mendapat rumah kontrakan sesuai keinginan serta kebutuhan dan tak melebihi budget yang tersedia.