posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 2

Hamil ialah pengalaman luar biasa dan jadi keinginan untuk tiap wanita. Tetapi, kehamilan membuat badan mengalami banyak perubahan. Satu diantaranya berkaitan posisi tidur, yang dapat mengakibatkan ketaknyamanan. Banyak wanita bertanya bagaimana cara terbaik untuk tidur saat hamil. Karena, mendapati posisi tidur yang baik untuk ibu hamil ialah sebuah tantangan yang kadang susah ditemukan.

Apa lagi untuk Bunda yang baru pertama kalinya hamil, karena mungkin mempunyai kekuatiran jika posisi badan tertentu dapat mempengaruhi kesehatannya atau janin dalam kandungan. Banyak ibu yang berasa kelelahan selama kehamilan, khususnya pada trimester pertama dan ke-3 . Hal itu lumrah karena peningkatan kadar progesteron.

Selama hamil muda atau trimester pertama, rahim belum tumbuh lumayan besar, hingga Bunda dapat tidur dengan posisi apa saja. Bunda dapat tidur dengan posisi apa saja selama itu membuat Bunda nyaman dan tidak terusik.

Tetapi mungkin untuk beberapa ibu akan berasa tidak ada posisi tidur yang nyaman selama awal kehamilan. Bila Bunda mengalami hal tersebut.

Berikut posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang dapat dicoba:

Tidur menyamping

Tidur miring ke samping kiri atau kanan dianggap aman dan nyaman pada semua tahap kehamilan. Cara terbaik ialah berganti-gantian antara sisi kiri dan kanan karena bila tidur di satu sisi saja dalam waktu lama, khususnya di sisi kanan dapat jadi memperburuk rasa mulas.

Tidur telentang

posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 1

Walau ini mungkin bukan salah satu posisi tidur terbaik selama kehamilan, berbaring telentang pada awalnya cukup baik. Selama 3 bulan awal, mungkin berasa nyaman.

Tetapi, saat perut telah jadi membesar, posisi ini dapat tekan punggung, usus, dan pembuluh darah utama hingga mengusik aliran darah dari badan sisi bawah ke jantung.

Tidur telentang dalam waktu yang lama selama kehamilan dapat mengakibatkan sakit punggung, wasir, dan tekanan darah rendah . Maka, akan lebih baik untuk mencoba dan menghindar posisi ini.

Tidur menghadap kiri

Opsi terbaik ialah tidur dengan posisi miring, khususnya sisi kiri. Ini menolong untuk pastikan aliran darah dan nutrisi maksimal ke plasenta dan meningkatkan fungsi ginjal.

Memakai Bantal

Bila Bunda telah mencoba semua posisi tidur yang lain tapi belum nyaman, mungkin telah waktunya berpindah memakai bantal. Caranya, berbaringlah miring dengan kaki ditekuk dan tempatkan bantal di antara ke-2  lutut. Bunda dapat menopang perut dengan bantal pada saat yang serupa.

Tempatkan bantal di belakang punggung saat Bunda tidur miring. Ini untuk mencegah Bunda berguling ke belakang kapan pun.

Tiga Perempat

Caranya tekuk satu kaki dan satu kaki yang lain terentang dengan bantal atau bantalan antara paha. Ini memungkinkannya aliran darah lancar dan kurangi ketegangan otot atau persendian. Ada penekanan extra pada persendian ini akan mengakibatkan sendi dan otot ibu hamil kerap memiliki masalah.

Ibu hamil dapat mengganti posisi tidurnya dengan cara satu ini supaya terhindar dari masalah otot dan sendi.

Demikian beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, mudah-mudahan info ini berguna. Untuk info yang lebih detil tentang ini, sebaiknya bila ibu hami konsultasi langsung sama dokter atau bidan.

By Welly