6 Peralatan keselamatan yan harus Dimiliki untuk usaha pengelasan

Tips trik

Industri konstruksi sangat bergantung pada pengelasan. Hal ini dikarenakan pentingnya industri pengelasan dalam membingkai setiap proyek konstruksi. Anda akan membutuhkan tukang las untuk masuk dan menggabungkan setiap benda logam, baik itu struktur besar atau kecil.

Selain bangunan, pengelasan juga penting dalam pembangunan jembatan dan fasilitas pertanian dan pertanian. Ini juga digunakan dalam pipa minyak dan gas alam. Ini juga sangat penting ketika membangun konstruksi besi di dekat air.

Karena konstruksi ini dapat menimbulkan korosi, dan pengencang biasa seperti mur dan baut tidak dapat digunakan untuk menyambungkan dua potong logam. Dalam situasi ini, pengelasan adalah metode terbaik untuk menyatukan logam.

Tukang las, seperti profesional lainnya, diharuskan untuk mengutamakan keselamatan mereka dan memakai alat pelindung yang sesuai.

Peralatan Keselamatan Pengelasan

Keselamatan semua orang di kru las adalah yang paling penting. Peralatan keselamatan pengelasan melindungi tukang las dari bahaya kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dengan mencegah cedera terkait panas.
Helm tukang las, sarung tangan, pelindung mata, pakaian visibilitas tinggi, alas kaki keselamatan, dan peralatan pelindung pernapasan adalah contoh dari jenis peralatan keselamatan ini.

Ketika datang ke pengelasan, risikonya mencakup segala sesuatu mulai dari luka bakar logam panas hingga luka bakar busur hingga kehilangan pendengaran atau penglihatan hingga pemotongan. Peralatan keselamatan pengelasan harus digunakan untuk mengatasi semua kemungkinan masalah

Pihak otoritas di Indonesia mengamanatkan bahwa orang yang mengelas atau memotong di ruang sempit harus dilindungi dari menghirup asap, gas, atau debu apa pun dengan menyediakan jenis peralatan pelindung pernapasan yang disetujui dan pembuangan lokal dan sistem ventilasi umum untuk menjaga asap, gas, atau debu dalam konsentrasi yang diizinkan atau nilai batas ambang.

Perlengkapan dan peralatan las sangat penting apakah Anda berencana untuk membuat profesi darinya atau hanya menggunakan kemampuan baru Anda untuk proyek DIY Anda sendiri. Mari menggali lebih dalam dengan peralatan keselamatan dan pelindung ini!

1. Kacamata Las

Kacamata las melindungi mata tukang las sementara saat dia sedang mengelas atau memotong. Tujuan dari peralatan keselamatan ini adalah untuk melindungi mata tidak hanya dari panas dan radiasi visual tetapi juga dari percikan puing-puing terbang yang berhubungan dengan pengelasan.

Seperti gelombang cahaya tampak, proses pengelasan selalu menghasilkan sinar ultraviolet dan inframerah yang kuat. Namun, radiasi UV dan inframerah dapat dirasakan secara tidak langsung dan menyebabkan kerusakan mata pada tukang las.

Perhatikan: Kacamata las hadir dengan berbagai nomor lensa untuk memenuhi permintaan spesifik Anda. Filter yang dirancang untuk pengelasan gas tidak akan berfungsi dengan pengelasan busur. Karena pengelasan busur memerlukan penggunaan warna lensa yang lebih dalam.

Jika anda bukan pekerja yang disediakan peralatan safetynya oleh perusahaan, kami sarankan untuk membeli alat-alat keselamatan ini pada toko yang jual alat safety berkualitas tinggi.

2. Helm Las

Salah satu item paling penting dari alat pelindung diri yang harus dipakai seorang tukang las adalah helm las, kadang-kadang dikenal sebagai “hood”. Helm yang ideal melindungi mata dan kulit tidak hanya dari percikan api tetapi juga dari sinar ultraviolet, yang dapat merusak penglihatan dan sinar inframerah yang dilepaskan oleh busur.

Helm las kini tersedia dalam berbagai warna dan gaya yang enak dipandang. Namun, aspek kosmetik ini bercampur dengan aspek fungsional yang memerlukan helm ringan yang nyaman dipakai untuk bekerja seharian penuh.

Untuk mengurangi bahaya sakit leher atau kelelahan setelah memakai helm sepanjang hari, helm yang optimal kira-kira lebih ringan 20 ons.

3. Topi Las

Pengelasan, Pengelasan, Tukang Las, Pekerjaan, Masker, Keselamatan, Industri

Untuk menjaga rambut dan kepala tukang las tetap aman, tutup kepala las adalah peralatan keselamatan las berikutnya.

Tujuan utama dari peralatan ini adalah untuk memberikan keamanan tambahan sambil meminimalkan rasa sakit dari helm las. Kapas dan benang katun biasanya digunakan dalam menjahit helm las untuk mengurangi kemungkinan kebakaran.

4. Sarung Tangan Las

Untuk menjaga tangan tukang las tetap aman, sarung tangan ini direkomendasikan. Ini termasuk perlindungan dari sengatan listrik, panas yang hebat, radiasi UV dan inframerah serta pegangan yang lebih baik untuk tukang las.

Sarung tangan las yang terbuat dari kulit adalah pilihan yang sangat baik untuk prosedur pengelasan yang melibatkan suhu tinggi. Sarung tangan ini dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan daya tahannya. Sarung tangan las TIG, sebagai permulaan, terbuat dari kulit kambing, sapi, atau babi. Sarung tangan las MIG, di sisi lain, terbuat dari babi, sapi, atau kulit rusa. Terakhir, gunakan sarung tangan las kulit yang dihasilkan dari sapi atau rusa.

5. Celemek Las

Bahan tahan lama seperti kulit sapi atau kulit babi harus digunakan untuk membuat celemek las yang sangat baik. Jangan pernah menggunakan atau memakai celemek plastik atau poliester saat mengelas karena dapat meleleh ke kulit tukang las.

Ketika tugas tukang las membutuhkan paparan panas yang ekstrim atau api terbuka, celemek tahan api adalah pilihan terbaik.

Setengah celemek, yang melindungi pinggang ke bawah, dan celemek penuh, yang melindungi seluruh sisi depan tukang las dan menyerupai celemek koki, adalah dua jenis celemek las yang paling umum. Denim berat dan katun dipilih sebagai bahan utama untuk celemek

6. Jaket Las

Tukang las harus mempertimbangkan pro dan kontra dari setiap bentuk pakaian las sebelum membuat keputusan akhir.

Mengenakan jaket tahan api sangat penting ketika bekerja di tempat kerja yang terus-menerus dibombardir dengan suhu tinggi, percikan api yang kuat, dan ancaman logam cair. Kapas dan kulit tahan api adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk pakaian.