Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix

Berita

Menghitung kebutuhan beton ready mix tentu menjadi proses yang sangat penting. Tujuannya adalah agar bisa mengetahui seberapa banyak yang dibutuhkan dan menentukan anggaran. Langkah perhitungannya pun tergolong cukup mudah, simak ulasan berikut ini.

Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix

Beberapa Langkah Mudah Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix

Salah satu tujuan menghitung kebutuhan adalah guna menentukan harga ready mix. Terlepas dari itu, tahap ini juga diperlukan untuk memastikan jumlah atau volume kebutuhan beton. Berikut beberapa langkah mudah pada proses menghitung kebutuhan.

  1. Hitung Luas Area Pengecoran

Langkap pertama yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hasilnya adalah, menghitung luas area pengecoran secara keseluruhan. Hal ini menjadi informasi paling dasar dan wajib dilakukan ditahap awal. Proses perhitungannya pun sangatlah mudah.

Untuk bisa mendapatkan hasilnya, Anda hanya perlu menghitung panjang lalu dikalikan lebar (PxL). Rumus tersebut umumnya digunakan saat menghitung bangunan persegi. Jika bentuknya lain, maka bisa menggunakan metode lainnya agar dapat hasil luasnya.

  1. Menentukan Ketebalan Cor

Langkah mudah berikutnya dalam menghitung kebutuhan beton ready mix adalah menentukan ketebalan cor. Standar yang ditentukan oleh supplier beton adalah 12 CMS tapi, Jika Anda menginginkannya lebih atau sesuai tujuan, maka hitunglah terlebih dahulu.

Pada dasarnya, ketebalan cor sudah memiliki standarnya di setiap supplier beton. Tapi, jika ingin berbeda tak ada salahnya dihitung, karena akan tetap dilayani oleh pihak penyedia. Pastinya, selama tak menyalahi ketentuan atau aturan pembangunan.

  1. Tentukan Mutu Beton

Mutu beton pada dasarnya sangatlah beragam, mulai dari kelas I hingga kelas III. Masing-masing dari klasifikasinya memiliki karakter yang berbeda-beda. Denga begitu, secar otomatis penerapan dalam konstruksi pun tidaklah sama.

Setiap mutu beton memiliki karakteristik yang telah ditentukan. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu jenis yang akan digunakan. Penggunaan tersebut disesuaikan pada kebutuhan konstruksi bangunan. Sebab hal ini tak boleh dilakukan secara sembarang.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa langkah mudah menghitung kebutuhan beton ready mix. Dengan begitu, Anda dapat menentukan seberapa banyak beton yang dibutuhkan, jumlah pekerja hingga anggaran biaya. Info selengkapnya, kunjungi indojayareadymix.com.