Jasanesia -Layanan pelanggan dapat didefinisikan sebagai penyediaan layanan kepada pelanggan sebelum, selama dan juga setelah pembelian.Layanan pelanggan ini dapat bervariasi tergantung pada layanan, produk, industri dan juga pelanggan individu.Layanan pelanggan juga dapat digunakan ketika Budaya organisasi sedang dijelaskan.Setiap organisasi yang menghargai pelanggannya dan ingin memberikan layanan yang baik kepada pelanggannya akan berusaha sebaik mungkin untuk melatih karyawan. Layanan pelanggan membantu pelanggan untuk berinteraksi dengan organisasi atau perusahaan juga. ..

Layanan ini sangat vital dan efektif karena mereka memainkan peran yang sangat penting dalam membantu sebuah perusahaan untuk menghasilkan pendapatan dan pendapatan tambahan. Layanan ini harus dimasukkan dalam rencana keseluruhan perusahaan agar. Hal ini karena meskipun satu layanan pelanggan terkait keputusan yang diambil, dapat membantu perusahaan mendapatkan persepsi positif di benak pelanggan.Dalam jangka panjang kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang bisa sangat bermanfaat dan untuk mendapatkan kepuasan ini, berbagai layanan terkait pelanggan harus diimplementasikan.

Layanan ini termasuk dukungan klien juga.Sistem dukungan berarti bahwa perusahaan akan membantu pelanggan dengan cara apa pun yang memungkinkan. Informasi seperti produk, harga, pemasangan produk, petunjuk penggunaan produk, pemeliharaan, peningkatan serta pembuangan Ini akan membantu Anda untuk memanfaatkan produk atau layanan secara maksimal dan pada gilirannya membantu Anda untuk mendapatkan a. Produk dapat tercakup dalam layanan dukungan pelanggan Sebagai klien, penting untuk memanfaatkan layanan pelanggan ini dengan benar. banyak nilai untuk uang yang telah Anda keluarkan.

Layanan ini dapat disediakan baik secara otomatis maupun manual. Layanan otomatis mencakup situs web internet yang memberikan bantuan secara 24 * 7. Layanan pelanggan manual mencakup orang yang membantu pelanggan ketika dia menelepon nomor tertentu. Mereka disediakan di pusat panggilan, telesales dan pusat BPO lainnya.Layanan pelanggan manual ini juga disediakan secara 24 * 7 dan pelanggan dapat memanfaatkan layanan ini kapan pun mereka menemukan masalah dengan produk atau layanan mereka. tidak pernah dapat dirongrong dan keberhasilan perusahaan atau organisasi tertentu dapat ditentukan oleh tingkat bantuan yang diberikan kepada kliennya.