Hub Dan Switch – komponen atau perangkat yang menghubungkan jaringan dari satu komputer ke komputer lainnya. Kebanyakan orang mengira bahwa Hub dan Switch adalah perangkat yang memiliki fungsi yang sama. Namun pada kenyataannya, Hub dan Switch adalah dua perangkat yang berbeda baik dalam definisi maupun fungsinya.

Sekilas Hub dan Switch ini terlihat sama dan juga memiliki fungsi yang hampir sama. Namun, perangkat yang juga dikenal sebagai Network Hub ini memiliki fungsi yang berbeda dengan Switch. Hub adalah perangkat keras yang berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya dalam suatu jaringan yaitu jaringan LAN.

Apa saja Hub Dan Switch?

Sedangkan port yang disediakan oleh Hub biasanya berjenis post ethernet. Dan biasanya digunakan oleh perkantoran. Hub memiliki 3 jenis yaitu:

  • Active Hub, berfungsi untuk menerima data dari perangkat yang terhubung dan memperkuat keamanan agar data tersebut dapat dikirim kembali ke perangkat lain yang terhubung.
  • Passive Hub, berfungsi untuk menerima dan mengirim data ke perangkat lain yang terhubung.
  • Intelligent Hub, merupakan hub yang mampu mengatur dan mengecek aliran pergerakan data yang terjadi pada jaringan hub.

Sedangkan Swicth merupakan perangkat yang menghubungkan informasi dari satu komputer ke komputer lainnya secara spesifik. Dapat diartikan bahwa saklar merupakan jembatan yang menghubungkan data dengan menggunakan alamat MAC. Switch bekerja pada dua OSI (Open System Interconnection), yaitu saklar lapis dua yang mengolah data ke ling data dan lapis tiga, yang mengolah data ke jaringan.

Itulah perbedaan antara Hub dan Switch dari segi definisi. Sekilas tentunya Anda bisa melihat perbedaan fungsi dari Hub dan Switch. Hub berfungsi dan digunakan untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya.

Bagaimana Itu Bekerja

Perbedaan cara kerja hub dan sakelar sangat berbeda. berikut perbedaannya:

Cara kerja Hub adalah dengan membagikan data ke setiap perangkat jaringan yang terhubung ke Hub.
Sedangkan cara kerja Switch adalah dapat mengirimkan data ke perangkat yang telah ditentukan melalui alamat MAC.

Sumber: hub dan switch

By dzail