Sebagian besar para pekerja industri kreatif memiliki cerita dan pengalaman menarik ketika membicarakan segala hal mengenai dinamika kantor tempatnya bekerja. Pengalaman tersebut bisa mengenai rekan kerja, para manajer, lingkungan, hingga keadaan ruang kantor. Ada banyak cerita unik, terutama menyangkut desain ruang kantor. Sebagian orang merasa cukup bahagia dengan keadaan ruang kantornya, dan sebagian yang lain merasa kurang cocok.

Suasana kantor berhubungan erat dengan modifikasi, desain, dan rancangan arsitektur ruang kantor itu sendiri. Suasana dan nuansa ruang kantor bisa berpengaruh terhadap produktivitas, kreativitas, dan etos kerja para karyawan. Dengan demikian, desain ruang kantor tidak kalah penting dengan tingkat gaji yang diberikan kepada karyawan.

Beberapa gagasan tentang desain kantor akhirnya bermunculan. Ada satu gagasan desain dan tampilan sebuah ruang kantor yang unik dan menarik saat ini, desain kantor kontainer.

Saat ini, di beberapa kota besar, kontainer banyak dialihfungsikan menjadi hunian, kafe, ruang kerja, dan warung. Gagasan untuk desain kantor dibutuhkan agar dapat lebih banyak memfasilitasi kenyamanan sosial para karyawan. Didukung dengan perkembangan dunia arsitektur dan desain {interior|inside} saat ini, perusahaan dapat dengan mudah menyediakan ruang kantor yang fleksibel dengan tampilan unik yang memberikan ekstra kenyamanan. Dengan demikian, desain kantor yang disuguhkan menjadi satu faktor penting yang berhubungan langsung dengan peningkatan produktivitas. Jasa Desain Container

Desain kantor kontainer menjadi wujud nyata tampilan ruang kantor yang anti-mainstream. Desain ini mengedepankan gaya arsitektur dan {interior|inside} industrial yang populer, suasana ruang kantor tidak lagi terlihat menjemukan, membosankan, dan monoton.

Tampilan desain kantor kontainer yang unik dan sangat menarik secara {visual|visible}, sehingga mampu memberi gambaran terhadap gagasan desain yang semestinya.

Mengenal Desain Kantor Kontainer
Image: Pinterest Image: PinterestDesain kantor kontainer atau desain arsitektur kargo merupakan sebuah {trend|development|pattern} dalam bidang arsitektur untuk mengkonversi kontainer pengiriman ke dalam struktur dari tempat tinggal atau bisnis. Bentuk kontainer yang sangat struktural, {modern|trendy|fashionable}, dan menarik, menjadi satu media dan bahan dalam seni kreatif dalam bidang arsitektur. Namun, dalam penggunaan dan aplikasi harus tetap disesuaikan dengan prinsip desain kantor kontainer.

Faktor pendukung untuk mengembangkan desain ini adalah bahan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan membangun struktur dari bawah ke atas, atau bahkan menggunakan bahan prefabrikasi. Faktor selanjutnya berkenaan dengan fakta bahwa kontainer bersifat kompak dan modular sehingga sangat mudah untuk memperluas kebutuhan ruangan kantor bagi perusahaan.

Pada awalnya, penggunaan kontainer atau kargo yang menggunakan bentuk fisik tanpa melakukan perubahan. Namun, perkembangan bidang arsitektur telah menyuguhkan karya-karya baru berupa desain kantor kontainer yang nyaman digunakan. Bahkan, di dalamnya tersedia berbagai fasilitas dan dekorasi yang lengkap. Desain telah lengkap dengan segala kebutuhan para pekerja, dari instalasi listrik, AC, pencahayaan, {furniture|furnishings} dan lain sebagainya.

Tips Modifikasi Rancangan untuk Desain Kantor Kontainer
Image: PinterestDalam modifikasi rancangan sebelum membuat desain kantor kontainer, kamu harus melakukan pemeriksaan unit secara langsung. Pemeriksaan unit dapat kamu lakukan dengan melihat kondisi kontainer, agar desain yang diciptakan nantinya bisa memberikan nuansa dimensi yang sesuai dengan kebutuhan. Secara lebih lengkap, berikut ini beberapa {tips|ideas|suggestions} dalam modifikasi rancangan untuk desain kantor kontainer.

1. Mengetahui Aturan Daerah mengenai Standar Bangunan
Sebelum melakukan rancangan desain kantor kontainer, kamu harus memeriksa aturan daerah mengenai standar bangunan. Di Indonesia, setiap Pemda memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda mengenai standar bangunan, baik dari struktur, tata letak, lingkungan, dan lain sebagainya. Desain kantor kontainer belum lazim digunakan di beberapa daerah di Indonesia, sehingga memungkinkan terjadi persyaratan dan pembatasan terhadap penggunaannya.

Akan terdapat aturan yang berbeda dan kebijakan untuk setiap komunitas mengenai bahan bangunan dan pedoman pada masing-masing lokasi.

Periksa dengan daerah Anda jika mereka memiliki persyaratan atau pembatasan untuk menggunakan kontainer. Pemeriksaan ini dikarenakan bahwa bahan kontainer ini masih belum lazim untuk digunakan dalam dunia konstruksi.

2. Membuat Perencanaan Struktur dan Tata Letak
Kantor kontainer sebenarnya cukup simpel, karena hanya berupa bangun ruang berbentuk balok besar yang disusun. Biasanya susunanya hanya 2 tumpuk. Dalam membuat desain kantor kontainer, kamu harus membuat perencanaan struktur dan tata letak dengan cerdas. Meskipun cukup panjang, namun lebar kontainer cukup minim, maka dari itu, kamu harus bisa memanfaatkan celah sempit untuk {layout|format|structure} yang lebih leluasa.

Perencanaan struktur dan tata letak harus memperhatikan penggunaan ruang. Kamu juga bisa mendesain dengan beberapa tingkat kontainer, selama kamu bisa memastikan tumpukan tersebut aman dan dapat berfungsi secara baik. Saat ini, di Amerika serikat struktur kontainer sudah ada yang mencapai 12 tumpuk atau tingkat.

Struktur juga harus memperhatikan fasilitas dan kelengkapan di dalam ruang kontainer seperti pemipaan dan sambungan arus listrik. Jadi, pemikiran dan perencanaan struktur dan tata letak menjadi penentu dalam keberhasilan membuat desain kantor kontainer yang nyaman.

> Baca Juga: Ini Komponen Biaya Desain Kantor yang Harus Dipertimbangkan!

{3|three}. Pemilihan Kontainer
Setelah perencanaan struktur dan tata letak cukup matang, kamu harus mempertimbangkan pilihan kontainer. Pemilihan kontainer yang dimaksud adalah memilih container yang baru atau yang bekas. Selain itu, pemilihan juga berkaitan dengan merek dari kontainer. Terlepas dari itu, yang terpenting dan harus kamu pertimbangkan adalah kontainer harus memiliki konstruksi yang kokoh agar menghasilkan standar bangunan untuk kerja. Kantor kontainer bukan hanya mementingkan desain yang nyaman dan unik, tetapi harus memperhatikan keselamatan para karyawan di dalamnya.

{4|four}. Dekorasi, Listrik, Pencahayaan dan AC
Dekorasi dan fasilitas menjadi pertimbangan yang sangat penting karena menjadi tantangan tersendiri dalam membuat desain kantor kontainer. Kontainer memiliki ruang terbatas dibandingkan dengan struktur bangunan lainnya, sehingga pipa, sistem kelistrikan, dan dekorasi harus dibuat dengan cermat. Kamu harus memastikan bahwa penempatan framing {internal|inner|inside} yang akan mendukung pipa dan komponen listrik dapat bekerja secara maksimal. Setelah {frame|body} telah diinstal, maka pipa dan sistem listrik dapat diinstal. Proses instalasi tidak berbeda dari rumah standar, namun dalam ruang kontainer harus memanfaatkan kondisi ruangan yang lebih terbatas.

Untuk masalah pencahayaan, maka perlu dibuat instalasi lampu yang cukup. Namun, pencahayaan bisa didukung dari luar dengan memodifikasi beberapa dinding kontainer dengan kaca transparan. Kamu juga bisa memberikan beberapa ventilasi udara untuk penyejuk alami. Namun, secara umum, saat ini hampir semua kantor menggunakan AC untuk penyejuk ruangan.

5. Modifikasi Warna
saja warna kontainer yang kamu dapat tidak senada dengan desain yang kamu rencanakan. Maka dari itu, kamu bisa memulai mengatur warna pada tahap ini. Kamu bisa menggunakan cat khusus untuk kontainer. Warna yang {ideal|best|perfect} adalah warna cerah. Namun, kamu bisa memilih warna sesuai dengan desain yang kamu usung dalam kantor kontainer. Misalnya, kamu mengusung desain {classic|basic|traditional}, maka kamu bisa mengecat warna putih pada sisi dinding, dan coklat pada bagian atap.

Kamu harus tahu bahwa kantor kontainer belum lazim dan banyak dikenalkan di Indonesia. Maka dari itu, ada banyak hal yang harus kamu ketahui lebih dalam. Solusi yang terbaik adalah dengan menggunakan jasa desain {interior|inside} atau arsitektur kantor kontainer. Dengan menggunakan jasa tersebut, maka kamu akan mendapatkan desain kantor kontainer yang nyaman dan layak digunakan untuk bekerja. Sebagaimana tujuan awal dari desain ini adalah untuk mendukung produktivitas kerja para karyawan. Maka dari itu, pertimbangkan dengan baik dalam memilih desain.

SpaceStock merupakan layanan properti konsultan terpercaya yang didukung oleh teknologi {modern|trendy|fashionable} serta tampilan terkini. Kami menyediakan solusi pencarian properti lengkap dengan ribuan {data|knowledge|information} kantor dan apartemen terverifikasi secara {online|on-line}. Tim agen lokal yang profesional juga telah melayani ribuan klien dengan pengetahuan pasar properti terbaik. Temukan properti idamanmu di sini!