Mengemudi intensif mengacu pada teknik instruksi di mana siswa diajari cara mengemudi dalam waktu singkat. Kursus mengemudi yang biasa akan memakan waktu beberapa minggu hingga berbulan-bulan untuk menyelesaikannya; Sebaliknya, pelajaran mengemudi intensif sangat mirip dengan kursus kilat yang diselesaikan dalam waktu seminggu. Karena pelajaran dalam jangka waktu yang lama dibatasi menjadi seminggu, pelajaran untuk mengemudi intensif biasanya berlangsung hingga delapan jam sehari selama lima hari berturut-turut.

Kursus Mengemudi Pekanbaru -Akan ada kelas dan instruksi lapangan. Selama pelajaran di kelas, siswa dilatih tentang dasar-dasar keselamatan jalan dan undang-undang lalu lintas, dan akan diberikan skenario di mana mereka harus memutuskan tindakan yang sesuai. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengalami versi simulasi dari apa yang terjadi di jalan sambil mengajari mereka bagaimana bereaksi terhadap skenario yang berbeda. Ketika datang ke instruksi lapangan, pada bagian pertama minggu ini, instruktur mengemudi berlisensi akan mengajari siswa cara mengemudi di jalur pelatihan pribadi yang mewakili simulasi kelas. Setelah itu, siswa akan diajari cara mengemudi di jalan yang sebenarnya dan diizinkan untuk mengemudi.

Jika seorang siswa berprestasi baik di kelas dan instruksi lapangan, mereka kemudian akan diberi wewenang untuk mengikuti ujian akhir. Ujian akan terdiri dari tes tertulis dan tes mengemudi di jalanan yang dipilih oleh instruktur. Jika siswa lulus kedua komponen tersebut, mereka akan diberikan sertifikat kelulusan, yang menunjukkan bahwa mereka dapat mengajukan permohonan SIM permanen.

Sekolah tempat pelajaran mengemudi intensif diberikan harus mematuhi peraturan pemerintah. Semua instruktur harus terdaftar dan disertifikasi dengan standar yang ditetapkan oleh yurisdiksi lokal. Bahkan struktur perkuliahan harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh peraturan. Jika standar oleh sekolah mengemudi gagal memenuhi peraturan; sertifikasi yang diberikan kepada salah satu siswanya akan dianggap tidak bernilai.