6 Cara Membuat Pupuk Organik Sendiri Dengan Mudah

Tips trik

Mencoba hal baru di rumah adalah kegiatan yang menyenangkan, seperti membuat pupuk organik. Pupuk olahan dapat menyuburkan tanaman Anda. Jika Anda memiliki hobi bercocok tanam, maka Anda tidak asing lagi dengan menanam pupuk.

 

Ada beberapa jenis pupuk yaitu pupuk cair dan pupuk padat. Seperti bahan baku, ada dua bahan. Misalnya, kotoran tumbuhan dan hewan juga bisa berasal dari bahan kimia yang diproduksi massal untuk petani.

 

Vitamin tanaman dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman, seperti tanaman padi di sawah yang juga membutuhkan pupuk. Biasanya petani menggunakan pupuk alami dan pupuk kimia. Aktivitas membuat pupuk organik tidak menguras kantong.

 

Kali ini kami akan menjelaskan cara membuat vitamin nabati hanya dengan beberapa bahan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Tahukah Anda bahwa bahan makanan bekas dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk alami?

 

Tentunya cara yang digunakan sederhana, terutama bagi Anda yang suka menanam berbagai tanaman di rumah. Ini untuk menyuburkan tanaman di rumah tanpa menghabiskan banyak uang.

 

Selain itu, penggunaan bahan kimia yang minimal juga akan meningkatkan konsumsi tanaman yang Anda tanam. Mari kita lihat lebih dekat penjelasan kami tentang pembuatan pupuk organik.

Baca Juga : snake plant temperature tolerance outside

Bahan lama cocok untuk membuat pupuk organik

Sebelum memulai, Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan pupuk organik. Tentu saja pupuk atau vitamin tumbuhan alami menggunakan bahan-bahan alami yang bebas dari bahan kimia. Oleh karena itu, tidak akan ada dampak serius pada tanaman dan lingkungan.

 

Biasanya pupuk organik dibuat dari beberapa bahan, seperti kotoran hewan, masih baru atau sisa tanaman yang sudah diolah. Membuat pupuk organik juga harus memperhatikan tanaman apa yang Anda pupuk.

 

Langkah pertama dalam pembuatan pupuk alami dari beras busuk adalah dengan menyiapkan beberapa bahan baku seperti beras busuk, air dan gula. Untuk beras, untuk mendapatkan pemupukan yang berkualitas tinggi, harus benar-benar beras basi.

 

Langkahnya masukkan nasi basi ke dalam botol yang sudah kamu siapkan tadi. Kemudian larutkan air dan garam dalam botol lain. Air dan larutan gula akan menjadi makanan bagi mikroorganisme pada nasi basi.

 

Tuangkan larutan air ke dalam botol beras. Untuk membuat pupuk organik dari beras basi, pastikan botol tempat menuangkan beras memiliki cukup ruang untuk air dan gula. Tutup rapat dan biarkan istirahat.

 

Diamkan selama 2 hari, lalu kocok botol untuk mencampur dua unsur beras dan air. Jauhkan dari sinar matahari, lalu buka tutup botolnya untuk disimpan. Siap buka sampai hari ke 7.

 

Pada hari ke 7, Anda bisa mengaplikasikan pupuk cair pada tanaman di rumah Anda. Sebagai pemula tentu saja mudah untuk menyiapkan bahan bakunya. Selain itu, bahan yang digunakan juga terjangkau.

 

Penggunaan pupuk organik dalam pertumbuhan tanaman

 

Selain mudah dibuat, banyak sekali manfaat dari pupuk alami ini. Di bawah ini adalah penggunaan pupuk alami.

 

Sebagai nutrisi, dapat meningkatkan tubuh tanaman Anda. Salah satunya agar tanaman Anda bisa berbunga atau berbuah dengan cepat.

Pupuk cair meningkatkan produktivitas tanaman. Padahal baik organik maupun kimia menghasilkan produktivitas yang tinggi. Tentu saja bahan alami lebih menguntungkan.

Pembuatan pupuk organik dengan bahan alami dapat membantu memperbaiki struktur tanah. Itu juga bisa menyuburkan tanah. Oleh karena itu, sebagai media tumbuh yang baik bagi tanaman.

sebagai pencegah hama. Hama jahat diketahui menghambat pertumbuhan tanaman. Dengan pemberian pupuk alami, hama akan menjauh dari tanaman.

Gunakan pupuk organik sebagai satu-satunya sumber makanan yang mudah diserap tanaman. Karena bentuknya yang cair, mudah dicerna oleh tanah dan tanaman.

Berguna bagi petani dalam sistem hidroponik. Sekali lagi, itu dalam bentuk cair, jadi jika Anda melarutkannya dalam terowongan hidroponik, mudah bagi tanaman untuk menyerap dan membiarkannya berkembang.

Beberapa manfaat tersebut akan membuat tanaman Anda subur dan tidak mudah diserang hama. Di Indonesia, banyak terobosan telah dilakukan pada vitamin nabati.

 

Salah satunya adalah dengan menggunakan nasi basi, kemudian Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan seperti sayuran segar, sayuran kering, buah busuk, buah segar dan beberapa sisa makanan. Membuat pupuk organik cocok untuk pemula.

 

Suka topik tanaman kunjungi Gardening Blog